Sep 10, 2014

Metabolisme Tubuh di Pengaruhi 10 Faktor Pada Berat Badan

Metabolisme Tubuh di Pengaruhi 10 Faktor Pada Berat Badan - Badan kita membutuhkan kalori agar tetap hidup yakni dengan cara pembakaran kalori, yang biasa kita kenal denga proses metabolisme. Proses terjadinya metabolisme sangat berpengaruh juga pada naiknya berat badan. Pada artikel sebelumnya juga dibahas Tips Cara Cepat Gemuk Secara Alami Yang Sehat . Kebanyakan dari kita mengeluhkan jika metabolisme pada tubuh kita ketika sedang melakukan program diet terasa lambat. Kenapa hal itu terjadi ? Baca Selengkapnya ya.


Tabel Berat Badan Ideal
Agar kita ingin membuat tubuh tetap ramping, sebaiknya perhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi metabolisme terhadap proses berat badan sehingga cepat turun. Cara yang paling sering kita temui untuk meningkatkan metabolisme biasanya dengan minum suplemen, pil, juga konsumsi makanan yg dapat menaikkan proses metabolisme dan pembakaran lemak dengan cepat. Tetapi kenapa tetap saja proses metabolisme tubuh kita tidak cepat walaupun sudah menggunakan cara2 seperti diatas ? Kenali faktornya seperti berikut ini :

  1. Massa Otot - Banyaknya jaringan otot menyebabkan energi yg diperlukan tubuh semakin meningkat. Olahraga yang dapat meningkatkan massa otot diantaranya angkat beban, push up, squats atau jongkok.
  2. Umur - Bertambahnya umur bisa mengakibatkan proses metabolisme tubuh menjadi turun. Kenapa demikian ? Karena jaringan otot, hormonal dan neurologis sudah mengalami banyak kehilangan dan perubahan. Proses metabolism yang tercepat terjadi pada masa kanak-kanak, dan bayi.
  3. Ukuran Tubuh - Memiliki badan dengan ukuran besar atau big size memiliki Basal Metabolism Rate (BMR) yang juga besar. Besarnya ukuran tubuh juga menandakan organ dalam dan cairan yg dibutuhkan juga harus banyak.
  4. Jenis Kelamin - Untuk laki-laki biasanya proses metabolisme lebih cepat dibanding wanita. Karena hal ini disebabkan laki-laki punya postur tubuh yang cenderung lebih besar jika dibanding wanita pada umumnya.
  5. Genetik - Faktor genetik merupakan faktor dari keturunan yang biasanya diwariskan oleh orang tuanya dan akan menurun pada anak-anaknya kelak. Jadi ada yang mempunyai genetik yang proses metabolismenya cepat dan lambat.
  6. Kegiatan Fisik - Metabolisme paling cepat dipengaruhi oleh olahraga. Jika olahraga dilakukan secara kontinyu bisa meningkatkan massa otot dan juga dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dengan sangat cepat walaupun anda sedang beristirahat.
  7. Hormon - Hormon yang tidak seimbang seperti hipotiroid yang terganggu dan berlebih dapat menjadi faktor proses metabolisme.
  8. Lingkungan Sekitar (Cuaca ) -  cuaca juga dapat mempengaruhi metabolisme. Pada saat cuaca dingin tubuh bekerja keras agar bisa menyesuaikan dengan suhu normalnya dan ini menjadikan proses metabolisme menjadi cepat.
  9. Obat Obatan - Obat anti depresi contohnya anabolik steroid ditengarai dapat memicu laju metabolisme dan bisa mengakibatkan berat badan menjadi naik. kafein dari kopi dan nikotin rokok juga bisa tingkatkan metabolisme tubuh.
  10. Diet - Diet juga salah satu faktor yg bisa pengaruhi proses metabolisme tubuh. Sebagai contoh, jika anda sedang diet, maka tubuh anda akan kurang nutrisi dan kemudian tubuh akan mengambil nutrisi dari otot. Pada proses ini akan mengakibatkan kinerja otot tidak baik dan akan mengakibatkan proses metabolisme tubuh menjadi lambat. Baca juga Cara Langsing Alami Tanpa Diet dan Olahraga

Ok, sahabat fater semua itu tadi bicara mengenai masalah Metabolisme Tubuh di Pengaruhi 10 Faktor Pada Berat Badan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ini buat teman dan kerabat anda terimakasih dan salam sehat Indonesia.