Nov 1, 2015

Pengobatan Sel Punca Penyakit Gagal Ginjal

Pengobatan Sel Punca Penyakit Gagal Ginjal - Masih mengenai terapi sel punca, kali ini tim dokter oz Indonesia memberikan informasi mengenai terapi sel punca untuk pasien gagal ginjal. Terapi sel punca atau stem cell adalah sebuah terapi dengan menggunakan teknik pengembangbiakan sel yang karakteristiknya hampir mirip dengan sel induknya. Sel punca sendiri terbagi menjadi sel punca embrionik dan sel punca dewasa. Untuk sel punca yang dewasa kita bisa ambil contoh yaitu sel punca mesenkimal yang biasanya bisa kita ambil dari sumsum tulang, pada jaringan lemak, dari tali pusat, periosteum, tulang bagian trabeskular dan bisa juga dari gigi susu. Sel punca dewasa ini dapat berpeluang untuk kesembuhan yang lebih besar dengan tanpa adanya penolakan atas pengaruh ketidak cocokan dengan tubuh kita atau sistem imun.

Ilustrasi Sel Punca


Di Indonesia sendiri penelitian mengenai sel punca ini adanya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM ) Jakarta. Pada edisi yang lalu kami juga sudah memberikan beberapa informasi terkait sel punca, yaitu sebagai berikut :

   

Terapi Sel Punca atau Stem Cell Untuk Bermacam Jenis Penyakit

Terapi Sel Punca di Singapura dan Indonesia

Terapi Stem Cell Gagal Ginjal

Gangguan Ginjal ? Inilah Cara Mengatasi Batu Ginjal


Pengertian Sel Punca

Menurut wikipedia sel punca yaitu Sel punca, sel induk, sel batang (dalam bahasa Inggris disebut : stem cell) adalah sel yg blm melakukan diferensiasi dan punya potensi yg cukup tinggi buat berkembang jadi banyak jenis sel yg berbeda di dalam tubuh. Sel punca ini mempunyai fungsi untuk sistem perbaikan atau sebagai pengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak demi untuk melanjutkan kelangsungan hidup pada organisme.

Ketika sel punca melakukan pembelahan, maka sel yang baru ini berpotensi agat tetap menjadi sel punca atau akan menjadi sel dari jenis lain yang tentunya mempunyai fungsi yang sangat khusus, sebagai contoh misalnya sel otot, sel darah merah atau juga sel otak.

Untuk sekarang ini, ketika tulisan ini dibuat, di Indonesia baru punya 2 lembaga yang bisa mengolah sel punca dan tentunya karena masih terbatas maka harga juga tentu akan mahal. Tapi jika dibandingkan dengan yang sel punca dari luar negeri, harga sel punca Indonesia cuma sepersepuluh sel punca impor, sedangkan sel punca dibutuhkan sampai 3 serum sel punca buat proses penyembuhan penyakit, namun juga tergantung dari tingkat dan kondisi berat atau tidak penyakitnya. Kedua lembaga resmi terapi sel punca Indonesia saat ini sudah bisa mencukupi kebutuhan nasional sel punca dan semoga saja kedepannya akan terus bisa meningkat produksinya dan tentunya dengan melakukan penambahan pada peralatan laboratorium baru.

Saat ini Sel punca Indonesia sudah bisa menerapkan untuk pengobatan pada 20 jenis penyakit, namun hanya baru 5 jenis sel punca saja yang sudah dilakukan pengembangan secara massal. Pemirsa dokter oz semuanya, itu tadi informasi tentang sel punca dengan judul artikel Pengobatan Sel Punca Penyakit Gagal Ginjal semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita dengan kesehatan.