Jul 20, 2015

Terapi Stem Cell Gagal Ginjal

Terapi Stem Cell Gagal Ginjal - Belakangan ini semakin santer terdengar terapi stem cell atau sel punca yang dapat mengatasi masalah pada penyakit ginjal. Sebagian besar memang masih dilakukan tahap penelitian yang serius dan sudah semakin banyak orang yang menyukai terapi stem cell ini. Biasanya bagi orang yang akan melakukan terapi stem cell ini akan pergi ke Singapura karena di Indonesia belum ada yang ahlinya, namun sekarang anda tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan terapi stem sel ini hingga ke Singapura.

Pengobatan Stem Cell di Singapura merupakan standar pelayanan kesehatan yang sudah biasa dilakukan, sedang kan di Indonesia masih belum begitu familiar. Tapi sekarang kita juga harus bersyukur, karena sudah dimulai adanya penelitian mengenai stem cell ini. Bagi kalangan proffesional kedokteran, terapi ini sangat optimis akan berhasil dengan maju di Indonesia.
Ilustrasi Stem Cell Mayo Foundation


3 Jenis Terapi Stem Cell


Jenis-jenis stem cell ini ada tiga yaitu autologus, Syngenic, dan alogenik.
  • Stem Cell Autologus, merupakan sumber stem cell yang asalnya dari diri kita sendiri.
  • Stem Cell Syngenic, merupakan stem cell yang sumbernya dari saudara kembar kita yang identik.
  • Stem Cell alogenik, merupakan stem cell yang bersumber dari saudara kandung kita, atau bisa juga dari orang tua bahkan orang lain juga bisa.

Terapi sem cell dapat mengobati beberapa penyakit yang sangat sulit disembuhkan seperti ginjal, leukimia, anemia, penyakit thalasemia, dan juga penyakit cerebral palsy. Terapi stem cell ini juga dikenal dengan sebutan regenerative medicine, yang artinya terapi ini dimaksudkan untuk memperbaikii dan juga memperbaharui jaringan atau sel yang rusak dan tidak berfungsi.

Stem Cell bisa didapat dari jaringan tubuh seperti sumsum tulang, darah tepi, kemudian dari jaringan lemak dan juga berasal dari sel pada masing-masing organ tubuh kita, jadi banyak sekali jenis asalnya untuk melakukan terapi stem cell ini. Nah Demikian tadi informasi mengenai Terapi Stem Cell Gagal Ginjal yang bisa saya sampaikan untuk anda semua pembaca setia doctor Oz Indonesia.