Apr 18, 2015

Konsultasi : Apakah Ini Awal Penyakit Jantung ?

Siang dokter Oz,Saya Maeta umur 24 tahun. Beberapa hari terakhir ini dada sebelah kiri saya terasa ada yang bergerak-gerak dok, biasanya samapai 3x kemudian hilang terus timbul lagi. tapi saya tidak merasakan nyeri atau sakit. Apakah itu pengaruh karena kegemukan dok? Soalnya saya sering merasakannya jika setelah makan dok, saya takut ini awal dr penyakit jantung. mohon penjelasannya dok
terima kasih Dokter Oz

Ciri-ciri Penyakit Jantung


Sebelum menjawab pertanyaan diatas, agar kita semua juga tahu apa itu penyakit jantung maka sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja gejala awal atau ciri-ciri dari penyakit jantung.

Ciri ciri penyakit jantung yang paling mudah kita kenali adalah adanya gangguan seperti terasa nyeri yang sangat luar biasa pada daerah sekitar dada sebelah kiri, kemudian sakit pada rahang, ada juga sakit gigi dan sakit kepala, lalu ada juga sesak napas, terasa seperti mual, muntah, keluar keringat sangat banyak, area disekitar jantung terasa panas, kemudian pencernaan terganggu, Lengan terasa nyeri dan juga badan merasa kurang fit.

Ketika anda mengalami gejala seperti yang saya sebutkan diatas, maka sebaiknya segeralah periksakan diri anda kedokter terdekat dikota anda agar mendapat hasil pemeriksaan yang lebih detil. Jangan sepelekan penyakit jantung, karena penyakit ini bisa menyebabkan kematian mendadak. Nah dibawah ini saya ulangi lagi ciri-ciri penyakit jantung yang lebih spesifik yaitu jantung koroner.

Ciri-ciri Penyakit Jantung Koroner


1. Dada Terasa Nyeri

Waspadai dan berhati-hatilah ketika anda sering merasakan dada yang nyeri dengan hebat, karena biasanya kondisi ini merupakan tanda dari penyakit jantung tetapi intensitas pada tiap individu berbeda-beda.

2. Napas Pendek

Ketika kondisi ini terjadi dan disertai juga dengan jantung yang berdebar-debar merupakan pertanda peenyakit jantung. Kenapa hal ini terjadi ? ini disebabkan oleh pasokan darah menuju ke jantung tidak baik dalam artian kurangnya pasokan oksigen menuju jantung. Kalau tubuh mengalami kekurangan suplai oksigen ini bisa akibatkan tubuh lemas dan karena jantung terasa nyeri bisa menjalar juga rasa sakit ini menuju ke leher dan juga tangan.

3. Pingsan dan Pusing

Ketika kondisi rasa nyeri akibat rasa sakit jantung dan berakibat pada pingsan karena pusing, sebaiknya diwaspadai. Karena tidak jarang penderita terlambat dibawa ke instalasi gawat darurat dan mengakibatkan meninggal dunia.

4. Mirip Masuk Angin

Gejala lain dari ciri penyakit jantung adalah mirip dengan gejala masuk angin seperti mual, muntah, pencernaan terganggu. Tetapi yang membedakannya adalah pada penderita penyakit jantung akan terlihat keluarnya keringat sangat berlebihan.