Jun 6, 2015

Cara Menggendong Bayi Umur 3 Bulan, 6 Bulan dan Baru Lahir Yang Baik Ala Dr. OZ Indonesia

Cara Menggendong Bayi Umur 3 Bulan, 6 Bulan dan Baru Lahir Ala Dr. OZ - Assalamualaikum sahabat dr. oz Indonesia dimanapun anda berada, pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan beberapa hal yang berkaitan dengan bayi yaitu bagimana cara menggendong bayi yang baik dan benar untuk usia mulai dari bayi lahir, bayi umur 3 bulan, 6 bulan bahkan 7 bulan sekalipun.

Cara menggendong bayi dengan kain banyak dilakukan oleh masyarakat kita, karena penggunaannya yang praktis. Namun saat ini sudah banyak alat menggendong bayi yang modern yang bentuknya beragam mulai dari alat gendong bayi seperti  gendongan kanguru, metode gendong bayi dengan digendong dan masih banyak lainnya.

Menggendong bayi umur 3 bulan kebawah sebaiknya harus benar-benar diperhatikan, karena jika tidak benar bisa mengakibatkan bayi mengalami sesak nafas dan akhirnya menimbulkan kematian. Posisi bayi yang digendong pada usia yang masih dini biasanya bagi yang kurang mengerti terutaman gendongan bayi yang modifikasi buatan pabrik dan beredar dipasaran kadang kala menggendong bayinya dengan posisi mengangkang.

Posisi bayi mengangkang didalam gendongan dengan umur dibawah 3 bulan tentunya sangat berbahaya bagi bayi. Pasalnya, dengan posisi kaki yang terbuka lebar ini akan mengakibatkan kaki bayi menjadi tidak sempurna. Bisa saja kelak nanti kaki bayi akan berbentuk X atau O, selain itu dengan posisi yang demikian akan menyebabkan bayi terasa nafasnya sesak.

Cara Menggendong Bayi Umur 3 Bulan, 6 Bulan dan Baru Lahir Yang Baik Ala Dr. OZ Indonesia

Keuntungan dari metode menggendong bayi seperti ini adalah bayi sangat dekat dengan dekapan ibunya, posisi bayi yang menempel dekat dengan detakan irama jantung ibu akan membuat bayi merasa nyaman dan aman. Ikatan emosional juga akan terjalin kuat sehingga kelak anak akan terasa lebih dekat dengan orang tua.

Cara menggendong bayi baru lahir

Untuk bayi yang baru lahir sebaiknya digendong dengan cara kaki dimasukkan kedalam kain. Bukannya kakinya di buka lebar mengangkang. Saran saya untuk bayi yang lahir di gendong bayi dengan cara dibedong terlebih dahulu dan digendong menggunakan tangan yang memegang leher dan kepala dengan menggunakan tangan kiri. Dan tangan kanan memegang erat posisi tangan kita yang sebelah kiri agar tidak mudah terjatuh.

Untuk cara menggendong bayi umur 3 bulan dan juga cara menggendong bayi 7 bulan bermacam caranya. Biasanya banyak yang menanyakan kepada saya bagaimana cara menggendong bayi baru lahir, dan juga bagaimana cara menggendong bayi 6 bulan. Namun yang saya sarankan mengenai cara menggendong bayi sebaiknya dengan kain agar tidak mudah jatuh. Pada postingan berikutnya akan saya bahas Bahaya Menggendong Bayi dan Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia