Apr 3, 2015

Berfoto Selfie Berbahaya Bagi Kesehatan Mental

Berfoto Selfie Berbahaya Bagi Kesehatan Mental - Selfie, kata ini semakin populer saat ini. Tidak sedikit juga para artis, pejabat dokter dan semua berbagai lapisan masyarakat senang dengan yang namanya foto selfie. Tetapi tahukah anda, jika hal ini diteruskan dan menjadi kebiasaan ternyata bisa mengakibatkan gangguan kesehatan mental.  Selfie adalah memfoto diri sendiri dan kemudian untuk diunggah dan dipajang pada akun sosial media baik itu facebook ataupun twitter. Sebelumnya juga saya sudah membahas mengenai Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Mental

Disadur dari BBC, ternyata jika kita sering melakukan selfie dan melakukan hal ini berulang-ulang dalam waktu yang lama kemudian bisa dipastikan kita juga akan sering browsing dan melihat foto selfie orang lain bisa membuat dirinya merasa tidak aman dan nyaman. Kenapa hal ini terjadi ? Perasaan tidak aman terhadap tubuhnya sendiri ini karena terlalu sering diekspos di media sosial membuat kesehatan mental terganggu. 

Sering Foto Selfie Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Berfoto Selfie Berbahaya Bagi Kesehatan Mental

Dari hasil penelitian oleh University of Strathclyde, Ohio University dan University of Iowa disebutkan bahwa rata-rata wanita yang suka berfoto selfie dang diunggah ke media sosial, dirinya merasa dipandang negatif.  Survei yang dilakukan dari 881 responden mahasiswi Amerika Serikat dan tanya jawab mengenai seberapa seringnya menggunakan media sosial, jadwal pola makan, dan juga olahraga. Mengenai ada atau tidaknya antara hubungan sering menggungah foto selfie dan gangguan pola makan ternyata tidak temukan hubungannya. Namun yang ditemukan justru adanya foto selfie berhubungan erat dengan masalah kesehatan mental yaitu suka membandingkan negatif citra tubuh seseorang.

Ketika mereka lebih sering habiskan waktu buat melihat foto teman di media sosial, biasanya dia akan bandingkan juga dengan tubuh sendiri. Dan ini bisa menjadikan mereka berasa berpikir negatif pada penampilan diri sendiri.

Ketika citra tubuh yang merupakan identitas diri seseorang terutama masalah fisik seperti kecantikan, berat badan, tubuh yang ideal dan lain sebagainya dan membandingkannya dengan foto teman kita di sosial media hal ini akan mengakibatkan "mental" seseorang tersebut merasa iri hati, minder, dan tidak percaya diri.

Terutama bagi yang masih muda belia, merekan akan membandingkan foto mereka dengan foto temannya lalu ketika kondisi foto diri sendiri ini kurang baik dan membandingkannya dengan teman lain, dia akan merasa sangat bersalah dengan kondisi tubuhnya ini. Nah ketika kondisi kejiwaan ini terjadi maka akibat yang ditimbulkan adalah tejadi gangguan mental akibat foto selfie.