May 13, 2014

Tips Cara Atasi dan Mengobati Pengapuran Tulang dan Obat Keropos Tulang

Tips Cara Atasi dan Mengobati Pengapuran Tulang dan Obat Keropos Tulang - Halo pemirsa setia dokter oz Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang osteoporosis atau cara mengobati pengapuran tulang sejak dini. Pada pembahasan kali ini meliputi osteoporosis pada wanita, penyebab osteoporosis, dan pengobatan osteeoporosis. Yuk kita baca lebih detil lagi tentang pengapuran tulang.

Pengertian Osteoporosis

Osteoporosis adalah sebuah penyakit tulang berupa penurunan massa tulang disertai kualitas jaringan pada tulang juga turun, sehingga menjadi  "penyebab osteoporosis".

Penyebab Osteoporosis

Faktor penyebab osteoporosis bisa dibagi menjadi Osteoporosis Postmenopausal, Osteoporosis senilis dan Osteoporosis juvenil idiopatik.  Oke, langsung saja ya kita bahas penyebabnya satu persatu.
cara mengobati pengapuran tulang, Faktor penyebab osteoporosis, dr. oz indonesia
  1. Penyebab Osteoporosis postmenopausal, disebabkan oleh hormon estrogen berkurang. Biasanya terjadi pada wanita sehingga sering di sebut "osteoporosis pada wanita" dan menyerang pada wanita di usia sekitar 51 sampai 75 tahun.
  2. Penyebab Osteoporosis senilis, disebabkan oleh kurang kalsium karena penurunan usia atau pada saat memasuki usia lanjut. Terjadi pada usia 70 tahun dan biasanya wanita beresiko 2 kali terkena osteoporosis jenis ini dari pada laki laki.
  3. Penyebab Osteoporosis juvenil idiopatik, masih belum diketahui penyebabnya. Dan osteoporosis ini menyerang pada anak dan orang dewasa muda, walaupun pada kalangan usia ini cenderung mempunyai hormon yang normal.

Pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas tentang Tips Cara Mengobati dan Menyembuhkan Keseleo

Gejala Pengapuran Sendi Osteoporosis

Gejala osteoporosis atau pengapuran tulang pada awalnya tidak menimbulkan gejala. Namun secara perlahan karena kepadatan pada tulang berkurang, maka akan terlihat jelas gejala pengapuran tulang. Baiklah, gejala yang paling mudah dikenali adalah sebagai berikut :
  • 1. Nyeri punggung pada tulang belakang menahun
  • 2. Timbul nyeri tiba tiba pada daerah punggung, dan bertambah nyeri jika hendak berrjalan atau berdiri.
  • 3. Tulang belakang melengkung, atau istilahnya "punuk dowager" yaitu tulang belakang melengkung abnormal dan bisa mengakibatkan otot tegang dan sakit.

Cara Pengobatan Osteoporosis

Gejala osteoporosis, pengapuran tulang , Cara Pengobatan Osteoporosis
Pengobatan pada penderita osteoporosis terutama pada osteoporosis pada lansia harus dilakukan pemeriksaan penunjang osteoporosis. Cara mengobati pengapuran tulang dan obat keropos tulang yang paling mudah adalah mengkonsumsi secara rutin kalsium dan vitamin D. Vitamin D bisa mudah kita dapatkan juga dengan cara berjemur pada sinar matahari pagi. Vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan antara lain telur, ikan, susu dan keju.

Cara Mengobati Pengapuran Tulang dan Obat Keropos Tulang

Berikut ini adalah obat osteoporosis atau keropos tulang:
  1. Alendronat, berfungsi untuk meningkatkan massa tulang, mengurangi kecepatan penyerapan tulang yang terjadi pada wanita menopause, dan mengurangi patah tulang.
  2. Bifosfonat, digunakan juga sebagai obat untuk osteoporosis
  3. Kalsitonin, berfungsi untuk meredakan nyeri pada penderita patah tulang.
  4. Fluorida, berfungsi untuk meningkatkan kepadatan pada tulang. Penggunaan fluorida sebenarnya tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan kelainan dan kerapuhan.
  5. Hormon Testosteron, berfungsi jika pada pria atau laki laki terdeteksi bahwa tubuhnya tidak dapat menyerap kalsium dan vitamin D maka harus diberikan hormon testosteron.
  6. Hormon Estrogen, biasanya pada wanita yang menopause diberikan estrogen dan progesteron atau alendronat.
  7. Di Gips, pada penderita patah tulang misalnya patah tulang pergelangan. Maka tindakan yang harus dilakukan adalah digips.
  8. Supportive Back Brace, jika terjadi nyeri punggung hebat dan ini merupakan disebabkan oleh tulang belakang yang kolaps maka dipasanglah alat ini untuk melakukan terapi fisik.

Pencegahan Osteoporosis

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, itulah semboyan yang harus tetap kita junjung tinggi. Karena mencegah jauh lebih mudah dari pada melakukan pengobatan.
  1. Konsumsi Kalsium yang cukup. 2 Gelas Susu kalsium plus vitamin D setiap hari, namun harus dalam pengawasan dokter dan tidak berlebihan.
  2. Olahraga Beban, yaitu dengan cara jalan kaki atau berrjalan menaiki tangga . Bisa juga melakukan "senam osteoporosis" seperti yang sudah saya contohkan pada tayangan dr. oz Indonesia beberapa waktu lalu di trans tv.
  3. Konsumsi Progesteron secara rutin pada 4 atau 6 tahun setelah menopause dapat mempertahankan kepadatan tulang pada wanita.
  4. Raloksifen, Bifosfonat (Alendronat) merupakan obat obatan kimia untuk mencegah osteoporosis.

Nah, sahabat dr. OZ Indonesia, semoga artikel dengan judul Tips Cara Atasi dan Mengobati Pengapuran Tulang dan Obat Keropos Tulang ini bisa membawa manfaat bagi kita semua terutama yang sedang menderita askep osteoporosis, osteoporosis pada wanita, osteoporosis pada lansia dan lain lain. Semoga dengan kita mengetahui faktor penyebab osteoporosis, cara pengobatan osteoporosis, diagnosa osteoporosis, dan tips mencegah osteoporosis bisa menambah wawasan kesehatan tulang kita. Terimakasih dan salam sehat Indonesia.

tags : penyakit osteoporosis, pengertian, penyebab osteoporosis, pengobatan, obat pengapuran, gejala, pengapuran sendi, obat osteoporosis, pencegahan, tips, cara,