Apr 16, 2015

Menghilangkan Komedo Pada Wajah dan Hidung

Cara menghilangkan komedo di wajah. Tips menghilangkan komedo memang terbilang gampang-gampang susah. Sudah banyak cara tradisional menghilangkan komedo yang dilakukan oleh kita semua namun hasil yang didapat selalu saja nihil dan gagal. Komedo merupakan jenis jerawat yang sebabnya bisa dikarenakan oleh pori-pori yang tertutup kotoran. Cara menghilangkan jerawat dan komedo bisa dibilang sepele namun menyiksa juga karena setelah dipencet dan komedonya keluar tetap saja komedo datang lagi sehingga kita dibuat pusing untuk mencari cara menghilangkan komedo dan jerawat.

Menghilangkan komedo di hidung selain di wajah juga banyak dialami bahkan terbilang paling dominan. Bagaimana cara menghilangkan komedo ? Untuk komedo yang diwajah saya kira prosesnya lebih mudah jika dibandingkan dengan di hidung. Kita bisa menggunakan bahan tradisional untuk menghilangkan komedo pada hidung ini. Dr. Reisa Broto Asmoro pada tayangan Dr. OZ Indonesia beberapa waktu yang lalu telah membagikan resep alami menghilangkan komedo pada hidung dengan resep ramuan kayu manis. Resep Kayu Manis  ini bisa juga sebagai solusi cara menghilangkan komedo putih, dan cara ini cukup ampuh menghilangkan komedo secara alami. Nah langsung saja yuk kita bahas tips cara menghilangkan komedo terutama menghilangkan komedo di hidung.

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

cara menghilangkan komedo di wajah
Ilustrasi memencet komedo

Tips cara menghilangkan komedo pada wajah. Tentu kita pasti merasa terganggu jika ada komedo pada kulit wajah kita. Komedo pada wajah bisa  saja disebabkan oleh berbagai faktor seperti diantaranya polusi, udara yang lembab, dan juga gaya hidup tidak sehat. Mengutip dari salah satu artikelnya eHow berikut ini cara menghilangkan wajah berminyak dan komedo.
  1. Sering membersihkan wajah. Lakukan pembersihan wajah dari sisa-sisa makeup dan juga kotoran pada saat malam menjelang tidur. Mencuci wajah sebaiknya minimal 2 kali dalam seharinya.
  2. Usapkan handuk yang hangat. Kita bisa menempelkan handuk yang sebelumnya direndam pada air yang panas pada wajah kita yang mempunyai komedo. Rasa hangat dan panas dari handuk yang diletakkan pada wajah akan membantu mengurangi rasa sakit dan perih akibat komedo yang terkelupas. Manfaat lain dari melakukan hal ini juga bisa sebagai anti infeksi.
  3. Lakukan scrub pada area dahi, hidung, juga dagu. Lakukan scrub agar sel kulit yang sudah mati bisa terangkat dan juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
  4. Krim penghilang jerawat dan komedo. Untuk anda yang menggunakan krim untuk menghilangkan komedo dan memilih obat kimia sebagai obat anti jerawat dan komedonya, sebaiknya pilihlah yang mengandung benzoil peroksida. Karena kandungan bahan ini bagus sekali untuk melakukan penyerapan minyak pada kulit wajah, membunuh bakteri, dan juga baik untuk mempercepat menghilangkan komedo.
  5. Facial di tempat Profesional. Jangan melakukan facial pada orang yang bukan ahlinya karena bisa berakibat pada kulit yang terinfeksi. Kalau kita melakukan facial oleh yang ahlinya pastinya komedo akan keluar dengan baik dan tentunya aman.
  6. Bahan alami hilangkan komedo. Untuk bahan yang alami dan aman digunakan dalam mengatasi komedo bisa menggunakan buah jeruk dan juga baking soda. Caranya adalah kulit jeruk kita blender atau bisa juga menggunakan masker baking soda yang sudah dicampurkan dengan air. Lalu oleskan masker tersebut pada area yang berkomedo sekitar 10 menit saja lalu bilas dengan cara mengusapnya dengan handuk yang sudah direndam air hangat sebelumnya. Atau bisa juga cara yang paling mudah adalah dengan mengoleska pasta gigi sedikit saja pada bagian wajah atau hidung yang terkena komedo.

Cara Mencegah Komedo

Komedo pada hidung
Komedo di hidung

Cara mudah menghilangkan komedo dan solusi menghilangkan komedo sudah saya paparkan diatas ya. Nah kalau sudah sembuh dari komedo yang membandel apakah nantinya komedo tersebut bisa balik atau tidak ? Yes, pertanyaan yang sangat cerdas. cara mencegah komedo kita lakukan agar tidak balik lagi dan untuk mencegah komedo  kita bisa lakukan tips untuk mencegah jerawat seperti yang kita bahas diatas pada bagian cara mencegah jerawat pada wajah atatu kita bisa mencoba tips berikut ini :
  1. Bersihkan Wajah anda minimalnya 2 hingga 3 kali sehari.
  2. Kupas area yang mempunyai komedo dengan facial scrub
  3. Meletakkan handuk hangat pada wajah
  4. Melakukan facial ke salon atau tempat yang professional
  5. Konsultasikan dengan dokter kulit
  6. Oleskan ramuan baking soda dan air secukupnya selama 20 menit pada area yang berkomedo.

Untuk memudahkan dan kepraktisan cara mencegah wajah dari jerawat dan komedo sebaiknya gunakan saja pore pack agar anda tidak merasa kesulitan dan kesakitan pada saat membersihkan komedo. Tetapi hal yang paling dari semua proses ini adalah kita harus menjaga gaya hidup sehat kita yaitu dengan cara menjaga makanan yang dapat merangsang tumbuhnya banyak komedo dan juga jerawat. Sebaiknya hindari makanan dari bahan telur, kemudian ada coklat, gorengan, makanan bersantan, durian dan juga makanan  yang banyak mengandung lemak. Makanan yang tadi saya sebutkan mempunyai kemungkinan besar untuk memicu perkembangan komedo dengan signifikan, so sebaiknya kita hindari saja makanan tadi.

Okey sahabat fater semua, itu tadi pembahasan mengenai cara menghilangkan komedo secara alami yang sebaiknya anda lakukan. Yang paling penting adalah untuk selalu menjaga kebersihan kulit dengan rutin melakukan membasuh wajah kita setiap hari.  Beruntunglah bagi anda wanita muslimah, karena setiap hendak beribadah solat lima waktu kita diwajibkan untuk berwudlu. Dan itu artinya kita dalam sehari membersihkan wajah kita sebanyak lima kali dalam sehari dan akan membersihkan wajah dari kotoran, debu dan sisa kosmetik.

Pantas saja Allah SWT mewajibkan untuk setiap muslim dan muslimah untuk melakukan berwudu sebelum solat karena manfaatnya yang luar biasa bisa membersihkan wajah dari komedo. Tidak heran kita melihat para wanita muslimah wajahnya selalu segar dan bercahaya walaupun tanpa make-up, karena seringnya wajah mereka terkena air wudhu yang tentunya diberkahi oleh Allah SWT. Sahabat dr. Oz Indonesia semuanya, itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan atau share artikel ini untuk teman-teman yang lain agar semakin banyak yang tau mengenai cara menghilangkan komedo pada wajah. Untuk anda yang tidak mau ketinggalan setiap update terbaru dari saya dan akan mendapatkan News Letter ototmatis masuk ke email kalian, silahkan isikan  nama dan email kalian pada form subscribe di akhir postingan dibawah ini, GRATIS dan anda akan mendapatkan BONUS dari saya yang sewaktu-waktu saya kirimkan.