Feb 28, 2014

3 Tanaman Obat Alami Herbal di Sekitar Kita

3 Tanaman Obat Alami Herbal di Sekitar Kita, Halo sahabat  dr oz Indonesia, masih berhubungan dengan postingan sebelumnya tentang obat alami herbal tradisional bronkitis, kali ini saya akan membahas tentang beberapa tanaman berkhasiat obat yang ada disekitar rumah. Tanaman obat alami yang berada di sekitar kita sebenarnya sudah banyak yang tahu tentang kegunaan dan manfaatnya, namun bagi sebagian orang ada juga yang masih belum tahu dan belum mengeksplorasi manfaat tumbuhan herbal tradisional yang bisa menyembuhkan. Baiklah, berikut ini 3 Tanaman Obat tradisional yang ada di sekitar kita.

3 Tanaman Obat Alami Herbal Tradisional

1.    Bangle
Semua orang tua kita pasti sudah tahu dengan tumbuhan rimpang ini. Nama Latin Bangle adalah Zingiber cassummunar. Tanaman ini mempunyai batang berwarna hijau dan berbatang semu. Biasanya bangle hidup di lingkungan hingga ketinggian 1300 meter dpl. Pada beberapa daerah, bangle ini ada yang menyebutnya dengan nama mungle, bungle, banlai, panglai, bengle, banggele, bale, panini, dan unin makai.

Manfaat dan Khasiat Bangle

Bangle karena banyak mengandung asam organik, lemak, mineral, albuminioda, minyak atsiri, sineol, pinen amilum, tanin, resin dan damar maka banyak sekali khasiat yang dikandung dari tanaman bangle ini. Diantaranya adalah untuk  mengobati sakit rematik.

Untuk mengobati sakit rematik, Anda bisa mengolesi bagian yang terasa sakit dengan parutan dari rimpang bangle ini walaupun efek yang ditimbulkan bisa menimbulkan rasa panas, namun hal itu bisa mengurangi rasa sakit rematik. Selain itu, jika kita menjadikan bangle ini sebagai minuman dalam bentuk seduhan, efek yang ditimbulkan dari bangle ini bisa untuk penawar racun, mengurangi demam, sakit perut dan sebagai obat diet jika dicampur dengan daun jati belanda.

2.    Meniran
Tanaman ini mempunyai tampilan fisik kecil, dengan ketinggian berkisar sekitar 30 – 100 cm, diameter 3mm. Manfaat Meniran adalah untuk melancarkan buang air kecil, mengurangi kadar lemak, kolesterol tinggi, asam urat, sakit perut, sakit gigi dan untuk mengurangi kejang-kejang pada anak kecil.  Khasiat meniran juga bisa untuk obat ayan atau epilepsi.

3.    Daun Kaki Kuda
Manfaat daun kaki kuda adalah untuk  mengatasi gangguan susah buang air kecil, rebusannya sangat baik untuk penderita ginjal. Karena daun kaki kuda banyak mengandung senyawa mucilago, pektin, resin, vitamin B, villarine (senyawa anti sipilis dan lepra) dan senyawa heteriside, maka daun ini sangat baik untuk menambah nafsu makan dengan cara menggunakan daun kaki kuda ini sebagai lalapan. Selain itu bisa juga untuk mempercepat memulihkan  kandungan setelah melahirkan. Pada beberapa daerah, nama daun kaki kuda ini biasa disebut dengan pegaga, antanan, pacul goang, pagaga, wisu-wisu, sarowati dan dogauke.

Nah, setelah anda membaca artikel dengan judul 3 Tanaman Obat Alami Herbal di Sekitar Kita, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa follow gplus dr oz indonesia dan share artikel ini. Terimakasih, salam sehat selalu.