Sep 29, 2014

Tips Sehat Saat Menjalankan Ibadah Haji 2014 Terupdate

Tips Sehat Saat Menjalankan Ibadah Haji 2014  - Tips sehat menjalankan ibadah haji yang saya share kali ini semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua. Ibadah Haji merupakan kewajiban umat Islam kelima dan hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu. Mampu disini diartikan mampu secara materi maupun mampu secara fisik. Ibadah haji identik dengan ibadah yang menyita kegiatan fisik. Untuk itulah ibadah haji perlu kondisi tubuh yang prima dan fit. Pada kesempatan kali ini Tim DR. OZ INDONESIA akan mengupas tuntas tentang tips haji 2014.

Tips sehat menjalankan ibadah haji, terbagi menjadi dua bagian yaitu tips sebelum keberangkatan haji dan tips saat menunaikan ibadah haji. Berikut ini beberapa tips kesehatan dalam melaksanakan ibadah haji.
tips melaksanakan haji, tips jamaah haji
Tips Sehat Saat Ibadah Haji di Tanah Suci Mekah

Tips kesehatan Ibadah Haji Sebelum Keberangkatan

  1. Jagalah istirahat yang cukup ketika waktu keberangkatan tiba yaitu sekitar beberapa minggu sebelumnya.
  2. Lakukan olahraga bersepeda, jalan kaki, dan berenang setiap harinya sekitar 30 menit dalam jangka waktu seminggu 3 kali. Hal ini agar ketika melaksanakan ibadah haji fisik kita sudah kuat dan tidak kaget ketika nanti kita beribadah di tanah suci.
  3. Medikal check-up secara berkala agar penyakit yang ada dalam diri kita bisa diketahui dan bisa diobati agar nanti pas melaksanakan ibadah haji tidak terjadi penyakit yang membahayakan kita nanti di tanah suci.
  4. Vaksinasi Meningitis dan vaksinasi flu 2 minggu ketika sebelum berangkat haji.
  5. Jangan begadang ketika menjelang keberangkatan sekitar 2 minggu sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar kondisi kesehatan kita tidak turun akibat sering begadang.
  6. Makan Sehat cukup gizi, dan istirahat yang cukup akan berdampak pada kondisi tubuh yang prima dan sehat. Selalu makan makanan yang banyak mengandung gizi, vitamin, serat dan kebutuhan tubuh lainnya.
  7. Sediakan Pakaian hangat. Madinah merupakan kota yang dingin apalagi jika saat subuh tiba, maka dari itu sediakan selalu bawa jaket atau sweater untuk menghangatkan badan ketika kita di tanah suci.
  8. Masker hidung. Bawalah selalu masker hidung yang gunanya nanti untuk menghindari dari kotoran dan debu karena kondisi tanah suci banyak berdebu.
  9. Obat diare, sakit kepala, maag, flu, demam dan obat anti alergi harus selalu tersedia di tempat obat-obatan anda. Konsultasika dengan dokter keluarga anda agar dokter memberikan resep obat apa saja yang harus dibawa.

Tips Sehat Saat Ibadah Haji di Tanah Suci Mekah

  1. Tips menjalankan ibadah haji harus banyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi dan kehausan yang berakibat tenggorokan kering. Penyakit yang sering terjadi ketika beribadah haji adalah penyakit ISPA atau infeksi saluran pernafasan atas.
  2. Tips pelaksanaan ibadah haji ketika minum air zam zam jangan dalam keadaan dingin, dan sebaiknya minumlah ketika air zam zam didiamkan terlebih dulu.
  3. Jangan minuim air secara langsung dari kran air karena dikhawatirkan masih banyak kuman bibit penyakit yang masih hidup.
  4. Selalu mencuci tangan pada saat ibadah haji. Ketika hendak makan, dari toilet atau kegiatan apapun sebaiknya sering cuci tangan agar kondisi tangan tetap higienis.
  5. Makanlah makanan yang bergizi dan sehat dengan porsi yang cukup supaya kondisi tubuh tetap terjaga dan fit.
  6. Gunakan krim pelembab dan tabir surya setiap siang hari agar kulit tidak kering dan tetap segar. Ketika mandi gunakan sabun mandi dengan PH yang netral dan bukan sabun mandi antiseptik ya.
  7. Ketika memakai masker usahakan maskern terbuat dari kain. Karena hal ini berfungsi untuk menstabilkan suhu, karena suhu di Arab Saudi pada siang hari kering. Dan solusi sederhana untuk mencegah hidung mimisan karena cuaca ini bisa dengan membasahi masker dengan air zam zam agar terjaga kelembaban udara disekitar kita. Artikel sebelumnya tentang DR. OZ Waspada Bahaya Paparan AC

Beberapa orang juga mencari artikel ini dengan kata kata tips menunaikan haji  tips persiapan haji  tips persediaan haji  tips melaksanakan haji  tips jamaah haji  tips mendapatkan haji mabrur  tips persiapan haji 2014  tips pelaksanaan haji  tips persiapan berangkat haji.

Oke sahabat DR. OZ INDONESIA dimanapun anda berada itu tadi tentang tips menjaga kesehatan haji dan semoga bagi anda yang hendak atau sedang beribadah haji tetap terjaga kesehatannya terimakasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul tips menunaikan ibadah haji.