May 18, 2014

DR. OZ 18 MEI 2014 Efek Begadang dan Akibatnya | Tips Tidur Sehat

DR. OZ 18 MEI 2014 Efek Begadang dan Akibatnya | Tips Tidur Sehat - Halo pemirsa dr oz indonesia kali ini dokter oz tanggal 18 mei 2014 akan membahas tentang begadang oh jangan begadang. Apa kata medis mengenai kebiasaan begadang setiap malam akibat rutinitas sehingga pikiran anda terganggu. Yuk kita baca lebih lanjut artikel dr. oz tentang begadang.

Tidur adalah salah satu kebutuhan paling pokok bagi manusia. Tidur yang berkualitas dan cukup dapat menjaga kesehatan hingga menjadikan tubuh bugar dan cantik. Kebiasaan begadang ini selain merusak pola kebiasaan tubuh bila dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan penyakit yang serius.
Orang yang mengemudi kendaraan setelah begadang semalaman bahkan memiliki resiko kecelakaan sama dengan orang yang sedang mabuk akibat alkohol.  Solusi seperti apakah yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit serius akibat begadang ?

Tidur Sehat Menurut dr. ANDREAS PRASADJA, RPSGT

Berikut ini adalah sedikit gambaran mengenai tidur yang sehat oleh dr. ANDREAS PRASADJA, RPSGT (Spesialis Gangguan Tidur RS. MITRA KEMAYORAN JAKARTA) adalah tidur secara rutin, teratur dengan kualitas yang baik. Kalau di kedokteran tidur, kita juga harus tahu gelombang otak harus sekian persen, tidur dalam, tidur mimpi harus sekian persen. Tapi untuk pemirsa setia blog dr oz indonesia, yang gampang aja deh ciri ciri tidur yang sehat adalah merasa segar saat bangun tidur dan tidak mengantuk saat siang hari itu adalah ciri tidur yang sehat dan berkualitas.

Tanya Jawab Dokter OZ Tentang Apakah efektif Belajar Hingga Begadang Semalam Terhadap Otak

Pertanyaan dari Rizki Putra Rahayu : "kan kalau mahasiswa itu idrentik belajarnya itu dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), Nah itu biasanya kalau mau ujian itu bisa seminggu dua minggu. Keefektifan otak menyerap materi itu seperti apa dan efeknya pada otak itu seperti apa"

  1. Kalau untuk belajar , tidur itu sangat penting. Pertama, kalau kita mengantuk kurang tidur kemampuan konsentrasi, kemampuan kognitif, serta stabilitas emosional akan buruk. Sehingga membuat belajar  kurang baik karena konsentrasi kurang.
  2. Setelah belajar, tidur juga penting kenapa? Bangun pagi mau ujian kita perlu konsentrasi lagi, kemampuan menganalisa, membaca soal, kan banyak jebakan tuh. Nah, kita perlu konsentrasi yang baik.
  3. Pada saat tidur, terjadi proses konsolidasi memory. Jadi, segala hal yang kita pelajari dan kita hafalkan seperti di file-ing pada saat kita tidur. Otak akan menyusun ulang dan menata ingatan kita dengan rapi pada saat kita sedang tertidur.
Jadi, sistem kebut semalam SKS sangat tidak efektif dilakukan.

Pertanyaan Kedua : Apakah Kurang Tidur Sebabkan Mata Hitam seperti Mata Panda ?
Saya mau bertanya, biasanyakan saya kalau kurang istirahat tidur ketika bangun tidur mata saya seperti mata panda. Sebenarnya ada gak sih hubungan antara kurang tidur dengan mata panda ?
hubungan antara kurang tidur dengan mata panda

Jawaban dokter
Saat kita kurang tidur, ada kelelahan mata. Sehingga ada pembuluh pembuluh darah disekitar mata terutama dibawah kulit penyerapannya kurang baik. Itu sebabnya untuk mengobati mata hitam seperti panda adalah sebagai berikut :
  • Tidur harus cukup dan gunakan krim pelembab. Tetapi bukan hanya itu saja, untuk kecantikan kesehatan tidur itu nomer satu. Karena pada proses tidur terjadi regenerasi sel sel yang rusak. Tidur yang sehat dapat me regenerasi sel yang rusak, sehingga baik untuk kecantikan.
  • Untuk itu, untuk mencegah kerutan, kelenturan kulit, supaya kulit tetap bercahaya itu semua manfaatnya dari tidur yang sehat dan berkualitas.

Dampak Begadang Menyebabkan Kegemukan

Dampak dari begadang dapat mempengaruhi metabolisme  pencernaan dan bisa mengakibatkan obesitas. Kenapa hal ini terjadi ?

Pada saat begadang kita bawaannya mau makan atau ngemil. Saat kita kurang tidur otomatis neuro transmitter di otak kita ini criping makanan. Seleranya milih yang manis, asin, gurih, dll.

Penyakit Serius Akibat Begadang

Sering begadang juga dapat menyebabkan hipertensi (darah tinggi). dari pola tidur dan hipertensi yang paling simple hubungannya antara tidur dan hipertensi adalah hubungannya denga sel sel inflamasi. Jadi, kalau kita kurang tidur kurang istirahat sel sel inflamasi pada badan kita ini meningkat. Tubuh yang kurang tidur mengakibatkan sel sel penyebab peradangan juga meningkat.
penyakit kurang tidur begadang

Ini adalah respon stress. Badan kita seolah stress kalau kita kurang tidur. Tingkat sel inflamasi meningkat dan itu mempengaruhi peningkatan kekentalan darah, kerusakan pembuluh darah, dan ini jelas mengakibatkan hipertensi, jantung dan stroke.

Tips Untuk Memulai Tidur

  1. Jangan tidur pada jam yang tidak ideal untuk tidur.
  2. Saat hendak tidur, kurangi cahaya maupun aktifitas yang berhubungan dengan cahaya. Jam biologis kita ini peka terhadap cahaya. Kalau kita sebelum tidur bolak balik buka ipad, di laptop terus maka akibatnya jam biologis kita membaca cahaya cahaya dari monitor ipad, laptop dll sebagai waktu siang hari dan terganggulah jam biologis kita, dan terganggulah tidur kita.
Nah, simple dan sederhana kan cara memulai tidur yang sehat, jadi sebaiknya kita matikan gadget tersebut saat kita memulai tidur.