Oct 23, 2017

5 Fakta Soal Flek Cokelat Saat Menstruasi; Hmm, Mesti Waspada atau Dibiarkan Saja Ya

5 Fakta Soal

Image source: http://www.femina.co.id/images/images/FAKTA-JUS.jpg

Siklus haid yang selalu cewek hadapi setiap bulan nyatanya nggak selalu lancar. Ada yang 2 kali dalam sebulan, bahkan ada juga yang siklusnya lebih lama atau singkat dari umumnya. Hal inilah yang mungkin membingungkanmu jikalau siklus haid suka berubah-ubah. Apalagi jikalau darah yang keluar malah nggak kayak umumnya, yakni berupa flek cokelat.

Kalau ada flek cokelat itu menstruasi beneran atau bukan sih?

Supaya anda memahami apa yang terjadi sebenarnya & nggak menganggap-duga melulu, sekarang saatnya telusuri lebih jauh ihwal keberadaan flek cokelat ketika haid. Antara ini merupakan hal lumrah yang nggak perlu dikhawatirkan atau tanda kalau bagian intim lagi nggak sehat, anda perlu ketahui lebih dalam. Hipwee Tips kasih penjelesannya berikut ini

1. Flek cokelat mampu ada sebelum atau setelah haid. Biasanya hanya 1 atau 2 hari saja

Kalau anda perhatikan, sebelum haid pasti pernah ada flek coklat yang membekas pada celana dalam. Keluarnya flek tadi umumnya nggak anda sadari & baru memahami waktu anda lagi di kamar mandi. Pada dasarnya flek coklat munculnya cuma buat sementara, yakni kurang lebih 1 atau 2 hari saja. Hal ini sebenarnya lumrah & biasa terjadi pada setiap cewek, oleh karenanya anda nggak perlu khawatir.

Aika satu dari bagian tubuh terasa nyeri bersamaan menggunakan flek cokelat, itu berarti anda lagi PMS. Nggak perlu khawatir!

2. Selain mendekati siklus haid, flek cokelat mampu ada lantaran stres atau kelahan

Bukan cuma faktor siklus haid yang kian dekat, flek cokelat juga mampu ada lantaran banyak hal. Salah satunya ialah taraf stres yang tidak terbendung. Entah itu gara-gara kesibukan tiada henti hingga pikiranmu terpecah atau banyakya kegiatan yang membuatmu jadi kelelahan.

Biasanya stres disertai menggunakan kelelahan, maka anda perlu menerapkan pola istirahat & mood control yang lebih baik lagi.

Tapi ternyata bukan hanya stres & kelelahan saja, lantaran kehamilan & perimenopuse juga mampu jadi penyebabnya. Kalau anda hamil, umumnya flek cokelat keluar pada usia hamil antara 7-10 hari. Sedangkan bercak cokelat lantaran perimenopause terjadi pada perempuan yang berusia 40an. Usia 40an merupakan waktu terjadinya masa transisi ke menopause (udah nggak lagi ovulasi & menstruasi).

tiga. Meski nggak bahaya, flek cokelat nggak boleh disepelekan lantaran menjadi indikasi penyakit radang panggul atau ovarium polikistik

Namun, anda harus tetap waspada kalau bercak cokelat ini terus terjadi. Apalagi kalau disertai gejala perih, gatal, atau pendarahan sehabis bekerjasama intim sama pasangan. Penyakit seperti radang panggul atau sindrom ovarium polistik mampu menghantuimu.

Oleh lantaran itu, anda perlu sesekali periksa ke dokter deh biar nggak khawatir & nggak bertanya-tanya melulu.

4. Kalau flek cokelat keluar setelah haid & lebih dari 2 hari, itu berarti anda mengalami spotting

Spotting ialah perdarahan di antara periode menstruasi

Kamu yang pernah bercak cokelat lebih dari 2 hari, berarti lagi mengalami spotting. Spotting yang normal umumnya dipengaruhi oleh hormon yang berubah ketika lagi stres, habis banyak lakukan aktivitas berat, juga berupa gejala premenopause. Tapi, itu mampu terjadi juga lantaran imbas samping yang dihasilkan dari kontrasepsi kayak pil, suntik, & implan.

Spotting anda dikatakan nggak normal kalau perdarahannya ternyata lebih banyak, & lagi-lagi soal periode haid yang nggak sinkron jadwal.

lima. Cara lain buat menimilasir kekhawatiranmu ialah menggunakan 2 cara. Apa saja? Ini beliau

Demi kesehatanmu yang tetap terjaga, terutama di area intim, anda harus selalu jaga berat badan & hindari stres. Aika anda sulit melepas nafsu buat makan berat atau camilan, anda mampu merubahnya menggunakan perbanyak konsumsi buah & minum air mineral. Kamu pun harus sebisa mungkin menghindari stres menggunakan cara memanfaatkan me time atau refreshing sejenak menggunakan caramu sendiri.

Aika flek cokelat keluar monoton, disertai menggunakan acapkali terjadi setiap bulannya, lebih baik anda periksa ke dokter buat mengetahui kondisi tubuh (terutama area intim) yang sebenarnya.

Ada baiknya kemunculan flek cokelat tadi anda jadikan pembelajaran supaya lebih berhati-hati lagi menjadi seseorang perempuan. Jangan jua sepelekan siklus haid tiap bulannya, biar kesehatan organ intimmu selalu terjaga.

Artikel Bermanfaat & Menghibur Lainnya

?
Saat Cewekmu Mau Mengalah Soal 7 Hal Ini, Tandanya Dia Layak jadi Pendamping Hingga Nanti
Fakta-kabar Soal Tanda Lahir Ini Akan Membuatmu Bersyukur, Bahwa Punya Tahi Lalat Banyak Itu Bukan Masalah
Biar Suksesmu Tak Hanya Soal Materi Saja, Kenali lima Beda Antara Bekerja & Berkarya
Mitos Soal Keperawanan & Selaput Dara Itu Sering Keliru! Fakta Ilmiah Ini Akan Menyadarkanmu