Apr 28, 2015

Bahaya Kanker Payudara Lebih Rentan Terkena Pada Wanita Banyak Duduk

Bahaya Kanker Payudara Lebih Rentan Terkena Pada Wanita Banyak Duduk Bahaya Kanker Payudara Lebih Rentan Terkena Pada Wanita Banyak Duduk - Bahaya duduk setiap hari didepan meja sambil bekerja di depan komputer ataupun laptop mempunyai banyak efek samping untuk kesehatan terutama anda yang bekerja di kantor. Ada penelitian yang menyatakan bahwa pada wanita yang banyak duduk mempunyai resiko untuk terkena kanker payudara lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tidak.


Penelitian yang dilakukan di Swedia ini melibatkan responden wanita sekitar 29.000 dengan umur antara 25-64 tahun dalam kurun waktu 25 tahun. Berdasarkan pekerjaannya wanita ini dipilah lagi menjadi 3 jenis yaitu sedentary kantoran, sedentary namun aktif olahraga, dan juga pekerjaan guru yang sering banyak berdiri.

Baca juga : 4 Tips Langkah Mudah Untuk Menjaga Payudara Selalu Kencang Dan Sehat 


Ternyata pada wanita yang bekerja dengan lebih banyak duduk mempunyai resiko terkena kanker payudara  2,4 kali lebih tinggi sebelum tiba masa menopause. Dan setelah waktu menopause tiba, tidak ada kejadian perbedaan resiko tersebut.

Selain kanker payudara , wanita dengan bekerja duduk terlalu lama juga mempunyai resiko terkena masalah pada endometrium 2,4 kali lebih tinggi. Endometrium merupakan kanker yang akan menggerogoti pada bagian dinding rahim sehingga kemungkinan untuk hamil bisa menjadi masalah.

Solusinya adalah bagi anda yang bekerja di kantor dapat lakukan hal sederhana agar waktu duduk bisa dikurangi sedikit demi sedikit. Contohnya adalah dengan mengambil kopi sambil berdiri dan beranjak dari tempat duduk anda. Berjalan kaki menuju ke tempat kerja teman dan menyapa juga bisa anda lakukan.

Temuan penelitian ini juga menegaskan pada hasil riset terdahulu dan ada kaitannya dengan resiko kanker payudara dengan berkurangnya aktifitas fisik. Pada tahun 2014 dari penelitian disimpulkan bahwa resiko dari pada kanker endometrium ini naik menjadi 10 persen dan kanker usus menjadi naik sebesar 8 persen setiap ada pertambahan waktu duduk sekitar 2 jam lamanya.

Baca juga : Dr OZ Gejala Kanker Payudara Pada Wanita