Feb 5, 2015

Bpk. Amandano 7 Tahun Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal

Bpk. Amandano 7 Tahun Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal
drozindonesiatranstv.blogspot.com - Halo pemirsa dr Oz Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan kisah dari Pak Amando yang sudah 7 tahun menderita gagal ginjal dan diharuskan untuk rutin cuci darah. Beliau menderita gagal ginjal sejak tahun 2008, dan sekitar 7 tahun lebih dia lalui dengan rutin cuci darah. Pertama beliau mendengar gagal ginjal sempat down, dan dokter menyarankan saya harus selalu rutin cuci darah. Pada update sebelumnya membahas tentang Dr Oz Indonesia Petai Dapat Mendeteksi Fungsi Ginjal

Menyambung Hidup Selama 7 Tahun Dengan Cuci Darah

Pada dasarnya haemodialisa atau cuci darah itu tidak untuk menyembuhkan tetapi untuk memperbaiki tingkat hidup penderita gagal ginjal. Bapak Amandano ini hebat, sudah 7 tahun cuci darah masih melakukan aktivitas dan bekerja seperti biasa dan hanya membolos waktu cuci darah saja. Cuci darah dilakukan oleh orang-orang yang terkena gagal ginjal dalam stadium akhir. Mau tidak mau dalam kondisi gagal ginjal stadium akhir atau tahap lima ini hampir dibawah 15% fungsi ginjalnya sudah tidak berfungsi lagi. Dalam kasus Bapak Amandano beliau rutin melakukan cuci darah, karena fungsi ginjalnya tinggal 5 %.



Harus diingat bahwa orang cuci darah itu memang harus selalu disiplin dan harus dapat menjaga diri sehingga seluruh kegiatan aktivitas kehidupan dapat berjalan seperrti biasanya. Jadi orang dengan cuci darah sebenarnya sudah mendapat terapi pengganti mengganti fungsi ginjal. Walaupun fungsi ginjal ini tidak seluruhnya tergantikan dengan cuci darah tetapi sebagian daripada fungsi ginjal sudah dapat diambil alih oleh mesin cuci darah.

Artis terkenal Krisbiantoro juga dikabarkan rajin cuci darah 2 kali seminggu


Sekali lagi saya mengingatkan bagaimana proses cuci darah atau Hemodialisis itu, bahwa mesin cuci darah ini memang sangat kompleks dan itu dibuat dengan sedemikian rupa sehingga dia dapat menggantikan fungsi penyaringan terhadap cairan. Mesin pencuci darah berfungsi untuk menyaring racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh yang tidak dapat oleh ginjal kita sendiri melalui pembuluh darah yang kita buat diperbesar melalui operasi khusus mengupayakan supaya pembuluh darah diperlebar sehingga darah bisa kita alirkan dari pembuluh lebar ini melalui mesin yang kemudian melalui selang-selang mesin cuci darah kemudian akan diputar melalui mesin dan masuk kedalam bagian alat pengganti ginjal, darah difilter kemudian darah akan kembali lagi kedalam tubuh dan diharapkan akan cukup jumlah darah yang tercuci istilahnya.
proses cuci darah
Ilustrasi proses cuci darah

Tercuci disini dalam artian tertukarnya zat yang kelebihan racun itu akan dibuang melalui filter pada mesin cuci darah, dan akan dibuang melalui saluran khusus pada mesin pencuci darah. Bagaimana darah bisa tersaring pada mesin cuci darah ? Itu karena terjadi pertukaran zat antara cairan darah yang mengandung banyak cairan racun dan kadar elektrolit yang istilahnya kacau dengan zat pencuci yang dialirkan oleh mesin cuci darah dan dengan begitu akan terjadi keseimbangan dan inilah yang terjadi pada proses cara kerja mesin cuci darah itu.

Jadi dengan begitu kalau orang yang belum cuci darah itu biasanya nafasnya saja bau, hal ini dikarenakan racun-racun itu akan berada banyak sekali di paru-paru dan megnuaop bersama pernafasan. Pada orang yang sudah menjalani cuci darah itu sudah tidak terjadi lagi nafas yang bau seperti urin tersebut karena racunnya sudah terbuang oleh mesin cuci darah tadi. Untuk pasien lain yang barangkali sedang mengalami cuci darah juga tolong diingat bahwa ada pepatah mengatakan " air dapat membunuhmu", itu berlaku buat orang-orang dengan kondisi gagal ginjal dan harus diwaspadai.
Hal Yang Perlu diperhatikan setelah cuci darah :
  1. Bijaksana dan disiplin dalam menjaga cairan
  2. Harus menjaga berat badan
  3. Jangan sampai sesak nafas

Nah itu tadi sekilas cerita dan informasi mengenai Bpk. Amandano 7 Tahun Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal . Semoga apa yang saya sampakan ini bisa bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang mengalami gangguan ginjal dan seddang menjalani terapi cuci darah karena masalah pada ginjalnya. Terimakasih salam sehat Indonesia, sayangi tubuh kita dan jaga pola makan dan gaya hidup kita untuk selalu sehat. Baca juga lainnya yaitu

Gejala Penyakit Batu Ginjal, Penyebab dan Metode Penanganan Pengobatan Batu Ginjal