Feb 13, 2015

Diet Golongan Darah Tidak Terbukti Kebenarannya

Diet Golongan Darah Tidak Terbukti Kebenarannya
Teori diet berdasarkan jenis diet golongan darah ternyata tidak benar. Diet golongan darah contohnya diet golongan darah A, diet golongan darah B, golongan darah AB dan golongan darah O. Hasil penelitian riset terbaru di Kanada ditemukan fakta diet terbaru bahwa diet golongan darah ini tidak benar.

Diet golongan darah dari Penelitian yang dilakukan oleh Ahmed El-Sohemy yang berasal dari University Of Toronto membuktikan penelitiannya dari sampel data 1.455 partisipan mengemukakan bahwasanya teori diet berdasarkan golongan darah tidak ada bukti secara ilmiahnya dan golongan darah tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan manusia.

Dari perbincangan sang peneliti dikatakan bahwa setiap orang punya respon pola makan dengan cara individu masing-masing dan ini tidak ada kaitannya dengan diet golongan darah tertentu. Setiap jenis golongan darah bisa melakukan diet makan rendah karbohidrat ataupun juga sayuran.

Diet golongan darah ini sangat terkenal setelah boomingnya buku dengan judul "Eat Right for Your Type" karangan dari Peter D'Adamo. Dalam buku tersebut dijelaskan diet golongan darah yaitu mengatur pola makan seseorang dengan berdasarkan variasi asupan makanan berdasarkan golongan darah. Penjelasan dari teori ini adalah setiap jenis golongan darah tertentu mempunyai cara pemrosesan dan mengolah makanan berbeda dengan jenis golongan darah lainnya. Ketika seseorang mengikuti aturan pola makan sesuai dengan golongan darahnya maka dia kemungkinan untuk bisa terhindar dari penyakit yang serius contohnya cardiovaskuler dan kondisi fisik kesehatannya akan bagus. Baca juga Cara Cara Diet Golongan Darah A, B, O dan AB Cepat dan Sehat Alami

Namun setelah dilakukan riset lagi ternyata bukti ilmiah hubungan antara diet golongan darah ini tidak ada buktinya. Namun bukan berarti diet golongan darah ini tidak berjalan dalam menurunkan berat badan. Penelitian sebelum ini sebetulnya sudah pernah dilakukan juga dan dipublikasikan secara resmi di American Journal of Clinic Nutrition sekitar tahun lalu. Review penelitian jurnal tersebut menyatakan tidak terbukti pendukung teori diet golongan darah.

Nah semuanya kembali lagi kepada anda apakah anda akan diet golongan darah atau melakukan diet lainnya? Semua resiko dalam mengatur pola makan sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi ketika anda akan mengambil keputusan untuk melakukan program diet ini. Terimakasih sudah mengunjungi blog DR. OZ Indonesia dan salam sehat Indonesia.

Diet Golongan Darah Tidak Terbukti Kebenarannya