Feb 14, 2015

Ciri Ciri Penyakit Gizi Buruk Pada Anak

Ciri Ciri Penyakit Gizi Buruk Pada Anak
Anak atau bayi merupakan titipan dari Tuhan yang tentunya harus benar-benar kita jaga. Amanah dari Tuhan ini haruslah benar-benar diperhatikan baik dari segi jasmani dan ruhaninya. Agar anak kita selalu terjaga akan kesehatan dan kebahagiaannya maka salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan kesehatannya yaitu dengan menjaga nutrisi cukup buat anak kita supaya tumbuh kembang bayi atau putra-putri kita sehat juga cerdas. Ketika kita sebagai orang tua mengabaikan akan pentingnya masalah gizi ini maka bisa dipastikan anak akan mengalami yang namanya gizi buruk. Lalu seperti apa ciri anak gizi buruk ini ? Simak terus penjelasannya di blog dr oz Indonesia ini.

Ciri bayi gizi buruk mudah kita kenali. Saat ini masyarakat kita masih sering terlihat kondisi memprihatinkan banyaknya balita yang masih kekurangan gizi. Ada juga yang sampai meninggal gara-gara bayi gizi buruk. Seberapa pentingkah peranan gizi dalam perkembangan dan pertumbuhan anak ? Sangat penting, sebab untuk menjadi cerdas dan sehat anak kita perlu asupan gizi yang baik dalam masa pertumbuhannya. Nah ketika nutrisi dan gizi ini tidak terpenuhi maka si anak akan mengalami gizi buruk dan menghambat perkembangan fisik serta mentalnya.

Ciri Ciri Anak Gizi Buruk


Ciri anak gizi buruk yang mudah kita kenali secara sekilas adalah si anak akan memiliki tubuh yang kurus dengan perut yang membuncit. Namun selain itu juga tanda yang spesifik lainnya yaitu muka atau wajahnya nampak keriput seperti orang tua. Disini anda bisa baca tanda-tanda atau ciri anak gizi buruk . Berikut ini ciri-ciri umum gizi buruk :

  • Rambutnya tipis berwarna agak kemerahan mirip dengan rambut pada jagung, dan ketika dicabut dia tidak merasakan sakit serta rambut sering mudah rontok.
  • Gampang nangis atau cengeng dan juga rewel
  • Kulit keriput dan ototnya kecil
  • Sering terkena anemia dan juga diare
  • Badannya kurus hanya terlihat tulang dan kulit saja seolah-olah.
  • Perutnya cekung dan iga terlihat gambang

Penyebab Gizi Buruk

Penyebab dari anak yang mengalami gizi buruk umumnya karena kurangnya asupan nutrisi ibu saat hamil. Selain itu pola pengasuhan anak juga sangat menentukan, contohnya bagi ibu yang bekerja diluar rumah dan mengabaikan ASI untuk kebutuhan anaknya maka bisa jadi anaknya akan kurang gizi. ASI merupakan makanan utama bayi yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja dan menggantinya dengan susu formula. Sebaiknya walaupun si Ibu bekerja diluar rumah hendaknya tetap memberikan ASI dengan cara menampung terlebih dahulu ASI tersebut dalam botol khusus susu kemudian menyimpannya di dalam lemari pendingin agar ASI tidak rusak.

  • Agar tidak terkena gizi buruk sebaiknya ibu memberikan ASI eksklusif hingga anak-anak atau bayi berumur 6 bulan.
  • Setelah lewat usia 6 bulan bayi diberi makanan pendamping ASI
  • Makanan untuk bayi sebaiknya bervariasi dengan komposisi lemak 10 %, protein 12% dan karbohidrat sisanya.
  • Kontrol terus perkembangan anak dengan rajin ikut POSYANDU.
  • Perhatikan perkembangan berat badan bayi apakah selalu mengalami peningkatan atau cenderung turun ?

Anak dengan gizi buruk akan membawa dampak kurang baik bagi perkembangan jiwa dan raga si anak ketika dewasa nantinya. Untuk itulah kita harus pandai mengasuh dan merawat anak kita agar tidak mengalami kejadian gizi buruk. Oke terimakasih pemirsa dr. Oz Indonesia sudah membaca artikel dengan judul Ciri Ciri Penyakit Gizi Buruk Pada Anak  semoga bermanfaat dan salam sehat Indonesia.

Ciri Ciri Penyakit Gizi Buruk Pada Anak