Jul 14, 2014

Tips Makan Diet Sehat Saat Lebaran Idul Fitri 2014

Tips Makan Diet Sehat Saat Lebaran Idul Fitri 2014 - Halo pemirsa setia dr. oz indonesia dimanapun anda berada. Sebentar lagi menjelang lebaran nih, dan puasa kita alhamdulillah selesai dalam sebulan penuh. Biasanya pada saat lebaran idul fitri tiba, kita disuguhkan dengan berbagai makanan yang enak yang tentunya banyak mengandung santan dan lemak. Makanan seperti ini tentu kita tahu tidak sehat bagi tubuh kita karena akan memicu berbagai penyakit. Makanan lebaran yang bisa memicu penyakit kolesterol tinggi seperti sambal goreng ati, kemudian ada rendang, juga ada gulai opor ayam merupakan makanan yang biasa tersaji di meja makan pada saat lebaran idul fitri. Nah, untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi dan lainnya maka kita perlu mengatur pola makan pada saat lebaran idul fitri. Bagaimana caranya ??? Temukan jawabannya mengenai tips lebaran sehat, tips diet lebaran, dan tips kesehatan lebaran  hanya di official website blog DR. OZ INDONESIA.


tips lebaran sehat, tips diet lebaran, tips sehat setelah lebaran

Tips Diet Lebaran Sehat

Tahukah anda, sebenarnya kita jika ingin sehat harus mempunyai kesadaran penuh agar kita selalu menjaga asupan makanan dan juga pola diet sehat seimbang pada saat lebaran tiba. Kita wajib mengetahui apa saja makanan yang sebaiknya kita konsumsi dan juga apakah makanan yang sedang kita konsumsi itu sudah seimbang ?

Rumus Sederhana Menjaga Komposisi Makan Saat Lebaran

Berikut ini adalah cara sederhana atau rumus komposisi tips memilih kue lebaran dan makan sehat saat lebaran :
Karbohidrat 55 % - 65 % dari Asupan Total Kalori Tubuh
Lemak 30 % dari Asupan Total Kalori Tubuh
Protein 10 - 20 % dari Asupan Total Kalori Tubuh

Tips Memilih Kue Lebaran Sehat dan Tips Hidangan Lebaran
Berikut ini adalah tips hidangan lebaran yang akan membahas tips cara bagaimana supaya selalu tetap sehat pada saat kita mengkonsumsi makanan pada hari raya idul fitri tiba:
  1. Makan dengan porsi seperti pada hari biasa, jangan makan dengan porsi yang terlalu besar. Atau istilahnya makan balas dendam setelah sebulan lamanya kita ber puasa. Sebaiknya makan pada saat sesudah shalat ied, kemudian makan selingan pagi, kemudian juga makan siang, terus selingan makanan sore hari dan terakhir yaitu makan malam. Semuanya usahakan makan dengan porsi yang sedang saja, seperti porsi setiap hari kita biasa makan.
  2. Makan dgn komposisi seimbang, usahakan makan nasi atau ketupat lebih banyak dari pada makan yang mengandung protein dan lemak seperti contohnya opor dan gulai. Kurangi makan gula, minyak dan juga garam dan termasuk juga memakan kue khas lebaran yang berasa manis.
  3. Makan sayur dan buah
  4. Selalu ingatkan jika memakan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi akan menambah jumlah kalori pada tubuh kita sangat signifikan.

Nah pemirsa Dr. OZ jika anda terlanjur untuk makan makanan yang banyak sekali mengandung lemak, tips memilih kue lebaran, tips lebaran sehat, tips sehat setelah lebaran dan juga untuk mengurangi efek dari makanan berlemak yaitu tinggal kita kurangi saja makan yang manis dan goreng-gorengan atau lebih bagus lagi jika kita hanya makan buah dan sayuran saja. Sebenarnya sih makanan yang mengandung banyak lemak dan santan itu tidak masalah kita makan, asal porsinya sesuai dan tidak berlebihan. Nah setelah anda membaca artikel ini dengan judul Tips Makan Diet Sehat Saat Lebaran Idul Fitri 2014 semoga anda tetap selalu sehat dan tetap bersilaturahmi ke rumah keluarga dan sahabat anda. Terimakasih Selamat Lebaran, Selamat Idul Fitri 2014 Salam Sehat Indonesia.