Jul 2, 2014

Tips Cara Puasa dan Berbuka Yang Sehat dr. OZ Indonesia

Tips Cara Puasa dan Berbuka Yang Sehat dr. OZ Indonesia - Halo teman teman fater dr.oz Indonesia apa kabar? pada edisi bulan ramadhan atau bulan puasa ini kami dari tim dr. OZ Indonesia sebelumnya ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tips tentang puasa meliputi cara  berpuasa yang baik, tips memilih makanan untuk puasa, cara berbuka puasa yang baik dan benar ditinjau dari segi medis. Baca juga tentang Tips diet Saat puasa.

Tips Cara Puasa dan Berbuka Yang Sehat dr. OZ Indonesia

Cara Puasa yang Baik dan Menyehatkan


Cara puasa yang sehat adalah puasa yang disyariatkan oleh Rasulullah SAW. Puasa terutama pada bulan ramadhan merupakan kewajiban bagi seorang muslim. Puasa jika ditinjau dari segi ilmiah dan kedokteran sebetulnya mempunyai banyak makna dan manfaat.  Berikut ini adalah tips puasa seperti yang diajarkan oleh Rasulullah

1. Makan Sahur, tahukah anda jika sahur bermanfaat buat menyiapkan energi untuk kita beraktifitas pada saat siang hari. Selain itu sahur juga bisa turunkan asam lambung.

2. Jangan Tidur Setelah Selesai Makan Sahur, tahukah kawan jika tidur setelah makan sahur akan berakibat pada peningkatan gerak salauran pencernaan sehingga akan mengakibatkn lambung menjadi kosong lebih cepat dan asam lambung akan meningkat.

3. Tetap beraktifitas, tahukah anda pada saat kita melakukan aktifitas, ternyata otak menstimulasi keluarnya hormon katekolamine. Manfaat dari hormon ini yaitu untuk mengurangi asam lambung dan enzim pencernaan yang menjadikan dinding lambung berkurang rangsangan perrlukaannya. Mereduksi simpanan gula, dan menghancurkan lemak.

Manfaat hormon katekolamin  bisa tingkatkan proses penghancuran gula yang menumpuk dalam tubuh, sehingga pankreas bisa produksi insulin lebih matang dan menjaga kadar gula darah tetap stabil dan normal.

4.Stress Sebaiknya di Hindari, tahukah anda jika tingkat stress anda meningkat akan mengakibatkan sekresi pada asam lambung berlebihan yang akibatnya bisa merrusak dinding lambung dengan sangat cepat.


5. Jangan Konsumsi Obat Obatan atau makanan perusak Lambung. Makanan dan obat yang sebaiknya anda hindari yaitu : obat golongan steroid, asam salisilat, juga makanan yang menggunakan bahan pengawet dan minuman berkarbonasi. Jika anda tetap harus mengkonsumsi obat dari golongan steroid maka sebaiknya anda gunakan obat herbal alami pengganti steroid yaitu habbatussauda (jinten hitam) karena efeknya mirip dengan steroid juga.

Obat Alami maag yang bisa dengan mudah kita temui adalah minyak zaitun. dengan meminum minyak zaitun sebanyak 10 ml saja bisa menggantikan obat maag antasida.

6. Makan Cukup, yaitu makanlah ketika anda merasa lapar dan berhentilah makan sebelum anda kenyang. Manfaat dari metode makan seperti ini adalah membuat dinding lambung tidak tegang terlalu kuat sehingga efek nyeri pada robekan dinding lambung akibat kekenyangan  bisa diminimalisir.

7. Segera Berbuka Puasa, menyegerakan untuk buka puasa akan segera menormalkan stamina tubuh seperti dalam kondisi semula.

Nah, itu tadi artikel tentang Tips Cara Puasa dan Berbuka Yang Sehat dr. OZ Indonesia semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang manfaat puasa, cara berpuasa yang baik dan sehat, dan tips berbuka puasa. Share artikel ini ke teman teman anda niscaya akan banyak orang yang tertolong dan terbantu dengan manfaat dari informasi ini. Terimakasih dan salam sehat Indonesia.