Jul 18, 2015

Penyebab Terlambat Menstruasi dan Faktor Hormonal

Penyebab Terlambat Menstruasi dan Faktor Hormonal - Setiap bulan proses menstruasi pada wanita yang masih didalam rentang usia yang produktif pasti akan mengalami kedatangan 'tamu bulanan' atau umum disebut sebagai menstruasi. Banyak sekali para wanita yang merasakan mengeluh sakit karena siklus menstruasinya yang dia alami tidak teratur. Di dalam sebuah siklus menstruasi, sebetulnya hanya ada satu hari yang benar-benar sangat subur. Kadangkala juga wanita mengalami terlambat datang bulan atau haid tidak teratur yang seringkali kerap dialami wanita. Bisa jadi ini merupakan dampak dari terganggunya sistem hormonal. Terganggunya sistem hormon terutama progesteron ini akan berdampak pada siklus menstruasi mereka.

Proses terjadinya menstruasi pada wanita dan gangguan menstruasi pada wanita

cara kerja hormon pada siklus menstruasi

Salah satu dari penyebab infertilitas ataupun ketidaksuburan biasanya dikarenakan oleh menstruasi yang dia alami tidak teratur, sehingga akan mengalami proses sulit mendapatkan anak. Nah, pada siklus menstruasi wanita ini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor hal baik itu masalah psikologos maupun keadaan hormonal. Selain karena kehamilan, penyebab telatnya menstruasi juga bisa karena terganggunya hormonal yang dapat menyebabkan siklus menstruasi wanita terganggu.

Pengaruh hormon pada siklus menstruasi 

Pada wanita yang normal dan sehat umumnya akan mengalami proses menstruasi tiap bulan dan bisa diketahui kapan tanggalnya. Namun kadangkala juga mengalami telat datang bulan selama beberapa bulan namun tidak hamil. Untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur terkadang silus haidnya tiap 2 bulan sekali bahkan 3 bulan sekali.

Siklus haid normal akan dialami wanita antara rentang waktu 20 hari sampai 40 hari, dan masa proses haidnya sendiri ada yang 2 hari bahkan sampai dengan 8 hari. Kejadian-kejadian diatas merupakan efek dari hormonal yang beredar di dalam tubuh wanita pada siklus yang tertentu. Proses terjadinya siklus hormon tersebut merupakan akibat dari kerjasama dari otak, indung telur, kelenjar pada otak dan juga kelenjar tiroid. Nah, jika pada salah satu organ tersebut prosesnya terganggu maka akan berakibat pada siklus haid yang terganggu.

Hormonal yang tidak seimbang ini memang sepele kelihatannya, padahal akibatnya yang menjadikan haid tidak teratur  ini bisa menyebabkan kemandulan juga. Siklus menstruasi yang berhubngan erat dengan masalah hormonal ini kalau misalnya ada perubahan pada tubuh wanita maka proses menstruasinya akan jadi tidak menentu, bisa saja haidnya akan telat bahkan bisa juga akan mengalami proses pendarahan yang dikarenakan karena hiperaktivitashormon.

Agar dapat haid secara teratur tentunya harus seimbang antara pengeluaran hormon yang berasal dari otak dan keluarnya hormon yang berasal dari indung telur atau umumnya kita ketahui dengan nama hormon estrogen dan progesteron. Jika misalnya hormon pada indung telur rendah, maka otak akan memicu, dan misalnya jika hormon pada indung telur tinggi maka otak tidak meresponnya. Kalau proses ini terjadi dengan terus menerus maka yang terjadi adalah datang bulan menjadi tidak teratur.

Demikian tadi informasi yang saya sampaikan tentang Penyebab Terlambat Menstruasi dan Faktor Hormonal semoga info ini bisa menjadi pahala bagi saya dan bagi anda yang membaca bisa mendapatkan manfaat dari informasi kesehatan menstruasi pada wanita. Jangan lupa untuk berbagi ke media sosial baik itu facebook atau twitter.