Aug 30, 2014

Apa Bahaya Tantangan Ice Bucket Challenge ?

Apa Bahaya Tantangan Ice Bucket Challenge - Atas usulan rekan Tike agus Chayaang di grup dokter ryan thamrin untuk membahas artikel kesehatan tentang #icebucketchallenge maka postingan kali ini membahas hal tersebut. Tahukah anda, ice bucket challenge atau tantangan mengguyur badan memakai air es saat ini lagi menjadi trend.  Tantangan ice bucket challenge ini bertujuan untuk penggalangan dana bagi pengidap Amyotrophic Lateral Sclerosis atau disingkat ALS.

Tantangan ice bucket ini sebenarnya sangat berbahay bagi diri sendiri.  Apa bahayanya ? sebenarnya bahaya secara langsung sih tidak, namun kalau tubuh kita diguyur dengan air es ya tentunya tidak sehat. Tujuan dari ice bucket challenge sendiri adalah untuk ikut merasakan bagaimana rasanya sensasi beku seperti apa yang dirasakan oleh penderita ALS yang berupa kelumpuhan.


Sekali guyuran sih tidak langsung serta merta menjadikan saraf beku, namun untuk merasakan sensasi beku seharusnya dgn cara sekujur tubuh direndam di es. Efek dari berendam es bisa jadi kehilangan kesadaran, gangguan organ, dll. Amyotrophic Lateral Sclerosis adalah penyakit kelainan signal perintah yang berasal dari otak menuju otot tidak sampai. Akibat dari penyakit ALS  ini adalah si penderita akan lumpuh pada beberapa bagian otot bahkan keseeluruhannya. Akibat yang paling berbahaya dari ALS ini yaitu bisa terjadi lumpuh dan menyerang otot pernafasan.