May 11, 2014

Tips Atasi Kerontokan Rambut dan Kebotakan Permanen

Tips Atasi Kerontokan Rambut dan Kebotakan Permanen - Halo pemirsa setia dr. OZ Indonesia, pada hari ini sabtu tanggal 10 Mei 2014 saya akan membahas tentang cara merawat rambut agar tidak rontok, mengatasi rambut rontok, perawatan rambut rontok. Rambut sehat merupakan dambaan bagi setiap wanita dan pria. Kerontokan rambut bisa saja menyerang setiap manusia.  Pada rambut normal, kerontokan rambut hanya sekitar 100 helai saja. Sedangkan pada rambut rontok berlebihan biasanya lebih dari 100 helai.

tips merawat rambut rontok, cara merawat rambut rontok secara alami, cara merawat rambut yang rontok
Proses Pertumbuhan Rambut

Berikut ini adalah proses bagaimana rambut bertumbuh dan berkembang yang juga mempengaruhi penyebab rambut rontok.
1. Proses Anagen
2. Proses Telogen
3. Proses Katagen

Penyebab Rambut Rontok

Banyak hal yang mempengaruhi rambut rontok berlebihan. Rambut rontok parah bisa berdampak mengakibatkan kebotakan permanen dan kita harus mencari cara untuk solusi rambut rontok.
Penyebab rambut rontok yang berlebihan biasanya dikarenakan rambut yang berminyak, atau kulit kepala berminyak bisa juga dikarenakan peradangan pada folikel rambut akibat dari kulit kepala yang berminyak.

Cek Rambut Sehat / Tidak

Anda bisa menggunakan selembar tisu untuk mengetes apakah rambut anda termasuk kedalam jenis rambut berminyak atau tidak berminyak. Caranya adalah pada saat setelah 1 hari anda berkeramas, cobalah anda ambil selembar tisu kering dan tempelkan pada rambut anda. Jika berminyak, maka akan terlihat bercak minyak pada tisu tersebut. Jika tidak berminyak, maka tisu tersebut akan bersih dan kering. Selain dengan cara tersebut, anda juga bisa cek pada hair stylist profesional dengan suatu alat yaitu hair analyzer.
Beberapa tipe kulit rambut rontok ada yang kulit berminyak, biasanya kelenjarnya aktif, dan rambut mudah putus. Cara mudah alami untuk mengetes rambut anda adalah dengan cara hair pull test atau dengan cara menarik rambut anda.

Rambut rontok parah biasanya akan rontok lebih dari 100 helai. Rambut rontok normal biasanya hanya rontok sekitar 50 sampai 100 helai rambut.

Akibat Rambut Rontok

Kerontokan pada rambut bisa mengakibatkan kebotakan permanen. Selain itu kulit kepala yang berminyak bisa mengakibatkan peradangan dan gatal gatal pada kulit kepala. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Cara Cegah Masalah Kulit Dengan Vitamin E 

Vitamin Rambut Rontok

Rambut membutuhkan nasupan nutrisi dan vitamin untuk kesehatan rambut. Pemberian nutrisi dan vitamin untuk rambut juga bisa mencegah kerontokan dan kebotakan rambut lebih dini. Berikut ini adalah vitamin rambut rontok yang sangat diperlukan oleh rambut.
  • Strawberry, buah ini sangat diperlukan untuk kesehatan rambut karena banyak mengandung vitamin dan zat yang baik bagi rambut.
  • Protein, asupan protein sangat berguna juga bagi kelangsungan kesehatan rambut. Protein bisa didapatkan dari ikan, telur, daging dll.
  • Vitamin E, peranan vitammin E pada proses pembetukan dan pertumbuhan rambut sangat banyak mempengaruhi rambut.
  • Zinc, kerang dan kacang merah sangat dianjurkan sebagai cara merawat rambut rontok secara alami.

Perawatan Rambut Rontok Dari Luar  Secara Alami

Tips merawat rambut rontok dengan cara merawat rambut rontok secara alami yaitu bagaimana cara merawat rambut yang rontok agar terlihat kembali lebat dan normal. Cara merawat rambut agar tidak rontok, dan mengatasi rambut rontok dengan melakukan perawatan rambut rontok secara intensif. Tapi sebelum itu kita harus rahu apa  penyebab rambut rontok. Berikut ini adalah tips sederhana perawatan rambut rontok dari luar.
  1. Gunakan shampo dengan PH rendah, ini berlaku untuk rambut yang kering.
  2. Gunakan air dingin pada saat membasuh kepala atau dalam keadaan keramas.
  3. Pada saat keramas, jangan gunakan kuku untuk menggaruk kepala.
  4. Setelah keramas, gunakan conditioner tapi hanya pada ujung ujung rambutnya saja.
  5. Menggosok rambut setelah keramas bisa mengakibatkan rambut patah dan rusak. Sebaiknya hanya dilakukan dengan cara mengelap atau menekan rambut dengan handuk kering.
Nah  tips mengatasi rambut rontok berlebihan dan  solusi rambut rontok diatas merupakan beberapa tips sederhana yang dilakukan dari luar. Selain itu ada cara yang lebih bagus lagi untuk solusi kebotakan atau rambut rontok yaitu dengan cara atasi kebotakan rambut rontok terapi akupuntur.

Terapi akupuntur rambut rontok, merupakan terapi dengan menggunakan tusuk jarum yang hanya bisa dilakukan oleh ahli professional dalam bidangnya. Terapi akupuntur rambut rontok membangkitkan kembali fungsi tubuhn dan meningkatkan fungsi sel.

Terimakasih sudah membaca artikel di dr. oz indonesia, semoga bermanfaat salam sehat Indonesia.

Artikel DR. OZ INDONESIA bisa anda baca dengan aplikasi Dr. Oz Indonesia untuk Android disini
Kumpulan Video DR. OZ INDONESIA  juga bisa anda tonton melalui aplikasi Dr. Oz Indonesia Video disini