May 27, 2015

Tips Berpuasa untuk Penderita Maag

Tips Berpuasa untuk Penderita Maag - Bagaimana cara puasa bagi yang mempunyai sakit maag akut ? Berikut ini cara dan penjelasannya akan kami informasikan buat anda. Telat makan dan juga perut yang kosong merupakan masalah besar untuk anda yang sedang mengalami penyakit maag. Tetapi di saat bulan ramadhan nanti setiap muslim harus dan wajib untuk melaksanakan kewajiban beribadah puasa, lalu bagaimana cara mengatasi hal ini ? Pada Update sebelumnya membahas Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

Penderita sakit maag berpuasa justru sangat baik, namun tidak serta merta semua penderita sakit maag dibolehkan untuk melaksanakan puasa. Kriteria yang boleh berpuasa walaupun sakit maag adalah bagi yang tidak mengalami sakit maag jenis dispepsia organik yang sebelumnya belum pernah berobat, apalagi jika ada tanda -tanda bahaya.
Tips Berpuasa untuk Penderita Maag

Tips Berpuasa untuk Penderita Maag


Kategori Sakit maag dibagi menjadi dua bagian yaitu sakit maag fungsional dan juga sakit maag dispepsia organik.

1. Maag Fungsional

Ini terjadi ketika si penderita makannya tidak teratur, sering telat makan, makan makanan yang kurang sehat, yang mengakibatkan timbulnya asam lambung. Contohnya sering makan makanan mengandung banyak lemak, sering minum minuman mengandung soda, kopi, merokok dan juga stress.

Sakit maag fungsional ini justru lebih baik untuk berpuasa, dan biasanya akan menjadi lebih baik sakit maagnya karena berpuasa. Penyebab sakit maag bisa karena kebiasaan yang buruk seperti sering minum kopi, makan makanan pedas, merokok dan minum bersoda.

2. Maag Organik

Ini terjadi karena adanya masalah yang tidak normal pada lambung anda, contohnya seperti kerusakan tukak lambung, tukak usu 12 jari, GERD, masalah polip, dan masalah pada usus 12 jari dan juga sakit pada lambung.

Bagi anda yang mempunyai sakit maag organik jika ingin sakit maag berpuasa maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda agar mendapat penanganan yang lebih baik lagi. Pasien jenis ini biasanya jika dibawa berpuasa khawatirnya akan menimbulkan masalah yang bisa menimbulkan bahaya bagi jiwanya. Kalau misalnya pasien maag organik ini sering mengalami perdarahan pada pambung, muntah darah, BAB hitam, dan sering muntah berulang-ulang maka dianjurkan untuk tidak berpuasa dan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

Tips Cara Berpuasa untuk Penderita Sakit Maag


  1. Tetap konsisten melakukan ibadah sahur dan juga berbuka puasa
  2. Tetap rutin minum obat untuk anda yang mengalami penyakit maag kronis
  3. Ibadah solat tarawih jangan sampai kelewat setiap harinya
  4. Perbanyak makan sayuran dan juga buah-buahan
  5. Minum air yang banyak pada saat berbuka puasa hingga saat sahur tiba
  6. Atur waktu tidur agar cukup dan tidak berlebihan

Makanan dan Juga Minuman Yang Harus diwaspadai Bagi Penderita Maag

  1. Sebaiknya anda hindari makanan dengan kandungan banyak gas, contohnya makanan berlemak, sayur sawi, kol, nangka, dan juga pisang ambon.  Hindari juga minuman denga kandungan soda.
  2. Jangan makan dan minum yang bisa memicu asam lambung menjadi naik seperti kopi, anggur putih, minuman yang mengandung alkohol, sari buah dengan kandungan citrus dan juga susu full krim harus diwaspadai sebisa mungkin dihindari.
  3. Kurangi makanan yang dapat merusak pada dinding lambung, contohnya makanan pedas, cuka, merica dan juga bumbu-bumbu yang merangsang pedas.
  4. Kurangi juga makan coklat, makanan dengan tinggi lemak dan juga gorengan, karena bisa akibatkan melemahnya klep kerongkongan bawah.

Itu tadi informasi tentang Tips Berpuasa untuk Penderita Maag, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kita semua dalam menjaga kekhusyuan beribadah puasa di bulan ramadhan ini.