May 27, 2015

Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

Makanan Sehat Untuk Buka Puasa - Kebiasaan buruk saat bulan puasa adalah makan berlebihan saat buka puasa. Sebenernya itu akan membuat puasa jadi berantakan, karena biasanya hidangan saat berbuka puasa enak dan istimewa.

Efek samping berbuka puasa kurang sehat adalah akan terjadi mengantuk dan badan akan menjadi lemas. Selain itu juga kolesterol akan naik secara signifikan jika menu berbuka puasa kita tidak sehat. Berikut ini menu sehat buka puasa

Tips Puasa Sehat

1. Minuman Saat Buka Puasa

Untuk minuman di saat berbuka puasa sebaiknya minum air kelapa, air putih, jus melon, semangka, dan juga jus buah lainnya. Sebisa mungkin jangan berbuka dengan minum minumam yang manis mengandung gula, karena ini akan akibatkan efek yoyo saat lebaran nanti.

2. Makan Karbohidrat Kompleks

Sebaiknya di saat berpuasa disarankan ketika berbuka puasa makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jangan terlalu banyak makan nasi putih, apalagi makan makanan gorengan. Efek dari makan gorengan akan mengakibatkan mata kita mengantuk di saat menjalankan solat tarawih. Tahukah anda, makan gorengan akan mengikat oksigen dalam darah hingga sebanyak 20 %.

3. Makanan Setelah Selesai Buka Puasa

Jika anda selesai berbuka puasa kemudian solat, nah untuk mengisi kekosongan waktu sebaiknya anda minum air putih lagi. Minimalnya minum air putih hingga menjelang tidur sekitar 1 liter air.

4. Menu Buka Puasa

Nasi merah, lauknya dengan sate ayam, kemudian jangan lupa untuk makan buahnya yaitu pisang. Bisa juga dengan nasi merah dengan lauknya soto ayam dan buahnya jeruk. Kemudian menu berikutnya bisa dengan spaghetti dengan lauk saus tuna dan juga salad buah.

Nah itu tadi Makanan Sehat Untuk Buka Puasa yang bisa saya sampaikan buat anda semua, jika ada pengalaman atau resep buka puasa lainnya atau resep menu makan sahur silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah ya.