May 11, 2015

Asam Lambung Pada Ibu Hamil

Asam Lambung Pada Ibu Hamil - Asam lambung bisa saja menyerang siapapun, tidak terkecuali juga ibu hamil. Anak-anak, remaja, hingga orang tua mempunyai peluang yang sama untuk kemungkinan terkena asam lambung. Pada saat melakukan pencernaan, makanan akan berjalan mengarah ke lambung dan melewati saluran esofagus. Pada bagian penghubung antara esofagus dan lambung akan dibatasi dengan katup otot (esophageal sphincter) yang bisa untuk membuka dan menutup.

Produksi asam lambung tidak akan mengalami naik hingga ke tenggorokan jika katup otot tertutup. Namun untuk ibu hamil kondisinya berbeda, katup otot akan lebih sering terbuka dikarenakan oleh pengaruh hormon dan ini sangat mungkin sekali asam lambung naik ke kerongkongan.

Asam Lambung Pada Ibu Hamil

Asam lambung naik juga bisa dikarenakan oleh faktor dorongan dari berkembangnya janin dalam perut ibu hamil dan ini biasa terjadi pada trimester yang kedua dan juga ketiga. Ini sangat menjadikan ibu hamil rentan kena asam lambung. Asam lambung sebetulnya baik juga untuk tubuh. Ini merupakan sebagai alat untuk membunuh bakteri pada makanan yang masuk ke dalam tubuh dan juga mempunyai fungsi sebagai penstabil zat gula. Namun juga harus diwaspadai kalau asam lambung yang terlalu banyak bisa sangat berbahaya.

Gejala sakit asam lambung biasanya akan merasakan nyeri dan rasa seperti terbakar pada bagian perut, kemudian ulu hati sampai dada dan juga akan berasa asam pada mulut. Untuk asam lambung yang sudah sangat parah dan kronis biasanya akan merasakan buang air besar berdarah, batuk kering, rasa sakit pada tenggorokan dan mengalami penurunan berat badan tanpa disertai alasan yang jelas.

Asam lambung pada ibu hamil tentunya akan mengakibatkan kondisi yang tidak baik untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Penyakit asam lambung ibu hamil sudah semestinya harus segera dicegah. Terimakasih sudah membaca Asam Lambung Pada Ibu Hamil, jangan lupa vote G+ dan share ke media sosial lainnya.