May 11, 2015

Trauma Kepala, Hilang Kesadaran dan Ingatan, Apakah Perlu di CT Scan ?

Trauma Kepala, Hilang Kesadaran dan Ingatan, Apakah Perlu di CT Scan ? - Postingan kali ini adalah menjawab pertanyaan dari saudara Krisna yang masuk via email droztranstv@gmail.com mengenai rasa sakit trauma pada kepala yang dia derita. Berikut ini pertanyaan dari beliau :

Assalamualaikum dokter,
Nama saya Krisna. Usia saya 22 tahun. Waktu umur 13 tahun saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan saya didiagnosa trauma kepala. Waktu saya terbentur saya langsung hilang kesadaran, sempat sadar 20 menit kemudian tapi mengalami disorientasi, setelah itu saya pingsan lagi.

Saya tidak tahu berapa lama saya pingsan tapi ketika saya sadar saya tidak bisa mengingat apa-apa kemudian saya muntah cukup hebat dan pingsan lagi hingga dokter memutuskan agar saya rawat inap. Setelah melihat perkembangan saya selama kurang lebih 24 jam dokternya bilang saya tidak perlu melakukan CT Scan karena hanya trauma kepala. Terus terang saja dok sebelum saya mengalami kecelakaan, saya termasuk pengingat yang cukup baik, bahkan saya masih ingat banyak hal yang saya lakukan sebelum kepala belakang saya terbentur aspal waktu kecelakaan itu.

Tapi setelah kecelakaan tersebut, saya mulai lupa hari dan tanggal, kemudian nama orang yang saya kenal, bahkan saya pernah harus pulang lagi gara-gara salah pakai seragam dan jadwal pelajaran. Hal ini juga mengganggu ketika saya mulai bekerja. Saya kurang bisa fokus dan sulit untuk mengingat sesuatu.

Menurut dokter apakah ini efek dari benturan tersebut? Perlukah saya melakukan CT Scan? Apa saja efek jangka panjang yang kemungkinan saya alami dari benturan tersebut?


Trauma Kepala, Hilang Kesadaran dan Ingatan, Apakah Perlu di CT Scan ?

Tanya Jawab Dr. OZ

Setelah membaca keluhan bpk Krisna dan cerita yang diutarakan, sebaiknya perlu dilakukan pemeriksaan lagi. Untuk Masalah apakah perlu dilakukan CT Scan ? Jawabannya adalah ya, karena bisa saja trauma pada kepala Bapak alami ada beberapa hal kerusakan pada bagian kepala. Perlu dilakukan beberapa pemeriksaan lagi secara detil agar didapatkan diagnosa yang tepat dan tentunya akan membawa kepada pengobatan atau pemberian obat yang sesuai.

Segera konsultasikan dengan dokter spesialis di kota anda agar didapat informasi dan penanganan yang lebih baik dan tepat. Informasi ini bukan sebagai rujukan yang valid, ini hanya sekedar saran dan informasi saja. Karena untuk menentukan suatu metode penanganan penyakit diperlukan pemeriksaan secara fisik dan dilakukan juga serangkaian test. Terimakasih semoga tanya jawab dr. OZ ini bisa bermanfaat. Baca juga Tips Sehat dan Tanya Jawab Pemirsa Setia Dr. OZ