Aug 31, 2014

Mitos atau Fakta Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk

Mitos atau Fakta Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk - Nasi merupakan makanan pokok penduduk Indonesia. Tidak afdol makan kalau tidak dengan nasi walaupun itu sudah makan roti begitu banyaknya. Tetapi ada mitos yang berkembang di masyarakat kita bahwa sering makan nasi tidak bagus bagi kesehatan dan membuat badan menjadi cepat ngantuk dan gampang capek. Benarkah makan nasi bisa bikin ngantuk ?

Bicara mengenai masalah mitos makan nasi bisa menyebabkan ngantuk, bersama saya dr. Nany Leksokumoro, MS. SpGK seorang pakar gizi dari Rumah Sakit Omni Hospital. Menurut  beliau nasi dan juga minuman nasi merupakan karbohidrat murni yang jika kita konsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan rasa kantuk. Kenapa makan nasi bisa ngantuk ? Jawabannya adalah sebagai berikut. Baca juga Khasiat Beras Merah Untuk Diabetes

Karbohidrat yang terkandung dalam nasi sebetulnya adalah membuat perut kita mudah lapar. Semakin mudah laparr, maka semakin besar juga resiko mata kita akan mudah mengantuk. Secara medis lapar  membuat kita jadi lebih mudah cepat mengauk karena gula yang di bawa sel menuju insulin lebih cepat masuk. Baca juga artikel tentang Bahaya Makan Berat (Nasi) di Malam Hari 

Fakta ilmiah dari hasil riset penelitian Kanazawa Medical University di Jepang menyebutkan bahwa dari 2000 responden yang dilibatkan dalam penelitian mengkonsumsi nasi. Ditemukan bahwa konsumsi nasi dapat membantu permasalahan kurang tidur.

Nasi adalah jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi. Pada edisi sebelumnya juga telah dibahas bahaya makan mie dengan nasi silahkan dibaca juga. Diketahui juga jika makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat tingkatkan tryptophan, yaitu kadar protein yang tubuh menggunakan protein ini untuk meproduksi serotonin pada otak yang biasa dikenal serotonin ini dapat meng-induksi untuk tidur.

Nah, sudah tahukan jawabannya Mitos atau Fakta Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk ? jadi jawabannya adalah fakta. Silahkan like, comment atau bagikan informasi kesehatan ini agar banyak orang lain menjadi lebih tahu dengan kesehatannya. Dengan berbagi informasi ini kita juga akan mendapat pahala dari orang yang tertolong dengan membaca info kesehatan ini. Terimakasih dan salam sehat indonesia.