Jun 2, 2015

CARA BERPUASA UNTUK PEKERJA BERAT

Cara Berpuasa untuk Pekerja Berat  - Puasa merupakan kewajiban bagi umat Islam di saat tiba bulan Ramadhan. Puasa hukumnya wajib dikerjakan baik laki-laki maupun perempuan semua kalangan tanpa pandang pekerjaan dan status sosial baik kaya maupun miskin. Nah pertanyaan yang sering saya dapatkan adalah bagaimana sih cara berpuasa untuk yang pekerja berat ?

Tips puasa pekerja berat agar stamina tetap terjaga merupakan pertanyaan yang paling sering masuk ke meja redaksi. Bagi anda yang mempunyai pekerjaan dibalik meja ataupu pekerja kantoran yang hanya duduk mengerjakan segala sesuatu didalam ruangan yang nyaman dan sejuk tentu tidak masalah dengan puasanya. Tapi bagaimana dengan teman-teman kita yang pekerja keras diluar ruangan yang setiap waktu terpapar sinar matahari dan mengeluarkan energi tenaga begitu banyak ? Update postingan sebelumnya tentang Tips Berpuasa untuk Penderita Maag

Cara Berpuasa untuk Pekerja Berat dan Pekerja Serabutan

Puasa untuk pekerja berat mau tidak mau harus tetap melaksanakan ibadah puasa disamping melaksanakan pekerjaannya seperti biasa. Nah berikut ini akan saya paaparkan beberapa tips puasa untuk pekerja berat dan kasar. Yuk siapkan dan fokus anda baca tips dibawah ini, dan kalau sekiranya informasi ini bermanfaat anda bisa bagikan informasi ini bagi teman kita yang lain melalui facebook atau twitter anda.

Tips Puasa Untuk Pekerja Berat dan Kasar :

  1. Biasakan untuk minum air putih yang banyak, minimalnya 8 gelas sehari. Karena anda adalah orang yang suka bekerja keras maka minum air lebih dari 8 gelas sehari sangat dianjurkan karena nantinya ini sebagai pengganti keluarnya cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Minumnya setelah sahur usahakan yang banyak namun bertahap, jangan langsung banyak. Karena tidak baik juga minum air putih banyak secara langsung. Begitupun Ketika sehabis berbuka puasa .
  2. Minumlah minuman isotonik, sekarang sudah banyak beredar minuman isotonik yang dijual bebas dipasaran. Fungsi dari minuman isotonik ini adalah sebagai pengganti cairan tubuh juga yang setelah seharian kita berpuasa dan bekerja keras mengeluarkan banyak keringat. Alternatif lain dari minuman isotonik ini adalah air kelapa, fungsinya sama dengan minuman isotonik yang dijual bebas dipasaran. Bahkan lebih bagus dengan air kelapa karena alami dan tradisional.
  3. Perbanyak makan makanan berserat tinggi. Tahukah anda, makanan dengan banyak kandungan serat akan berfungsi untuk melancarkan organ pencernaan. Ketika organ pencernaan dengan mudahnya melakukan tugasnya dalam mencerna makanan itu artinya tidak banyak energi yang terbuang percuma untuk melaksanakan tugas dalam mencerna makanan. Makanan yang kaya serat contohnya adalah buah, dan sayuran. Kandungan anti oksidan dalam dua jenis makanan tersebut juga mengandung banyak vitamin A, B, C, E dan juga mineral.

Walaupun kita kerja keras dan kerja Berat Berpuasa, saya yakin dengan niat yang kuat anda semua akan tetap dengan nyaman dan lancar melaksanakan ibadah puasa dengan baik. Karena ingatlah, kerja keras kita dalam mencari nafkah juga merupakan ibadah juga. So, niatkan hati yang tulus bekerja untuk ibadah dan Insya Allah hasil yang kita peroleh dalam hal ini uang yang kita peroileh dari hasil kerja keras kita dan tetap melaksanakan berpuasa akan menjadi rizki yang halal dan berkah. Tidak peduli seberapa banyak uang yang kita peroleh, namun keberkahan tetap mutlak kita perlukan. Karena rizki yang berkah Insya Allah banyak manfaatnya buat anak dan istri kita kelak.