May 24, 2015

Manfaat Buah Kurma Untuk Buka Puasa

Manfaat Buah Kurma untuk Buka Puasa - Kurma Wikipedia adalah tanaman dari jenis Palma yang termasuk dalam genus Phoenix. Tanaman kurma merupakan tanaman yang asalnya dari teluk persia. Karakteristik pohon kurma tingginya sekitar 25 meter dan tumbuh tunggal. Daunnya mempunyai panjang sekitar 3 hingga 5 cm dan mempunyai duri pada tangkai daunnya. Selain itu juga daunnya menyirip dan juga punya sekitar 150 helai pucuk daun muda. Kurma yang terkenal adalah kurma ajwa atau kurma nabi.

Manfaat kurma untuk kesehatan sangat banyak sekali, karena kurma memang kaya dengan kandungan tanin maka hal inilah yang menjadikan kurma secara kedokteran memiliki khasiat sebagai daya pembersihan yang baik dan juga sebagai astringent untuk usus yang mempunyai masalah. Manfaat kurma sebagai pengobatan sakit pada tenggorokan, kurma untuk sakit pilek, selesma bronkial juga kurma mempunyai manfaat kesehatan sebagai meringankan demam. Selain itu manfaat kurma untuk buka puasa yang luar biasa ini bisa pengaplikasiannya dengan cara dijadikan sirup, infus, ramuan bahkan pasta.

Dalam keyakinan masyarakat Arab, kurma konon diyakini bisa menetralkan keracunan karena alkohol. Getah dari batang pohon kurma bisa untuk obat diare dan juga penyakit kencing genital. Akar pohon kurma bisa untuk sebagai obat sakit gigi.
Manfaat Buah Kurma Untuk Buka Puasa dan Kesehatan

Manfaat Buah Kurma Untuk Buka Puasa


1. Kurma Mudah Dicerna

Buka puasa diawali dengan memakan buah kurma sangat baik bagi kesehatan, karena perut tidak akan kaget karena telah menjalankan puasa. Kurma sangat baik dicerna dan tidak menimbulkan masalah diperut, ini artinya kurma sangat ramah diperut. Manfaat kurma yang dimakan saat berbuka puasa bisa memicu keluarnya zat yang dapat mengaktifkan sistem pencernaan karena seharian penuh perut istirahat karena puasa.

2. Kurma Mempunyai Kandungan Gula Alami

Kandungan buah kurma sangat banyak mengandung zat seperti glukosa, sukrosa, dan juga fruktosa yang  tentunya ini adalah gula alami yang baik untuk menormalkan kadar gula darah setelah sebelumnya kadar darah turun karena puasa. Namun, kurma juga mempunyai kandungan kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk mengembalikan energi tubuh kita setelah puasa.

3. Kurma Punya Kandungan Serat Tinggi

Kandungan air dalam buah kurma sangat sedikit sekali, namun seratnya cukup banyak dan ini baik bagi tubuh. Kurma juga bisa untuk atasi sembelit pada saat berpuasa karena proses kurangnya cairan pada tubuh sehingga terjadilah sembelit.

4. Kurma Sebagai Sumber Energi

Karena kurma mengandung glukosa, maka ini tentunya kurma masuk sebagai makanan yang memiliki sumber energi. Makan kurma saat puasa adalah cara yang paling cepat untuk memulihkan energi saat setelah puasa. Untuk anda yang mempunyai riwayat penyakit diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak makan kurma, karena kandungannya yang mempunyai glukosa tinggi tidak bagus untuk penderita diabetes.

5. Kurma Untuk Keseimbangan Tingkat Keasaman Darah

Kurma juga mempunyai kandungan zat yang bisa seimbangkan tingkat keasaman darah pada tubuh, yang mana tingkat keasaman ini akan meningkat ketika berbuka puasa tiba. Sebab dari peningkatan asam darah ini dikarenakan makan karbohidrat dan juga daging.

Manfaat buah kurma untuk puasa dan kesehatan sudah tidak terhitung lagi manfaatnya. Namun jangan makan kurma dengan sangat berlebihan karena tidak baik juga untuk kesehatan. Pada postingan sebelumnya juga saya pernah membahas 6 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan