Oct 21, 2014

DR OZ Cara Mengatasi Penyakit Sembelit Pada Perut

DR OZ Cara Mengatasi Penyakit Sembelit Pada Perut
DR OZ Cara Mengatasi Penyakit Sembelit Pada Perut
DR OZ Cara Mengatasi Penyakit Sembelit Pada Perut - Penyakit sembelit atau disebut juga penyakit konstipasi adalah penyakit yang sering datang secara tiba-tiba menggangu pencernaan pada perut seseorang yang membuat perut tak nyaman dikarenakan susahnya dalam melakukan BAB (buang air besar). Penyakit sembelit bisa disebabkan karena pola makan seseorang yang tidak sehat alias asal memakan makan saja, sehingga kurangnya atau minimnya serat bagi perut seseorang. Seperti yang sudah kita ketahui, manfaat serat sangat penting bagi system pencernaan perut manusia karena serat bisa melancarkan pencernaan dan juga bisa mampu menstimulasi kontraksi terhadap usus supaya mempercepat pencernaan makanan didalam tubuh dan tentunya juga 'ampas' yang didalamnya dapat dikeluarkan dengan rutin.

Seorang ahli spesialis mengatasi sembelit dibidang kesehatan dalam pencernaan yaitu professor Terry Boli asal dari University of NSW menyatakan, "Jika seseorang banyak makan-makanan yang berserat, kayak makanan sereal gandum yang utuh, akan bisa mampu meningkatkan daya kecepatan pada gerakan usus seseorang yang artinya makanan yang terdapat didalam perut bisa dengan mudahnya melewati sebuah system dari pencernaan perut tersebut".

Artikel sebelumnya tentang Tips Cara Atasi Penyakit Wasir dan Pengobatannya

Penyebab Sembelit

Namun untuk orang yang kondisinya sudah Slow-Transit atau sebut saja (kondisi genetik tubuh seseorang melemah akibat dari system pencernaannya yang melambat dalam bekerja, jadi sisa-sisa makanan pada pencernaan didalam perut jadi melambat yang seharusnya sisa tersebut sudah dikeluarkan dari dalam tubuh, namun itu bagi seseorang yang pencernaannya telah akut. Jadi cara mengatasinya perlu ada konsultasi rutin sama dokter ahli dibidangnya yang mengenai bagaimana cara supaya mengatasi penyakit pencernaan agar tetap lancar.

Soalnya buat orang yang sedang mengalami gangguan slow-transit (Constipation) dianjurkan banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran, karena sayuran sangat bermanfaat dalam mengatasi sembelit pada perut seseorang, karena dengan makan sayur tubuh manusia dapat memproduksi dalam mengumpulkan gas lebih banyak. Professor Terry menganjurkan, bagi orang yang sedang mengalami hal tersebut sebaiknya banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan tentunya harus dibarengi sama obat-obatan seperti pencahar maupun laxative.

Obat Sembelit

Fungsi dari obat pencahar ialah dapat menstimulasi rangsangan pada otot usus dan juga sekaligus dapat membantu kadar air yang terdapat di bagian usus meningkat dengan baik. Jadi diperlukan dosis dari obat pencahar tersebut dengan dosis yang sekiranya cukup agar dapat mengubah dari pola pada bagian gerakan ususnya supaya makanan dapat lebih dengan mudahnya bisa melewati sebuah system pencernaan dengan baik.

Sejumlah cara atau tips bagi orang yang ingin mengatasi sembelit pada perutnya dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makan-makanan yang berserat, contohnya kayak sereal, buah-buahan, roti berbahan gandum dan juga sayur-sayuran yang setidaknya dalam sehari harus mengkonsumsi minimal sebanyak 30 gram. Dan dianjurkan juga bagi seseorang yang perutnya sudah akut harus memakan-makanan buah-buahan sama kulit-kulitnya juga, contohnya buah pir, apel, tomat dan juga anggur, karena buah-buahan tersebut banyak mengandung serat-serat yang dibutuhkan untuk pencernaan tubuh manusia.

Dengan adanya informasi penyakit sembelit ini, semoga bagi yang bersangkutan dapat bermanfaat untuknya dalam melakukan cara untuk mengatasi sembelit pada system pencernaan. Mudah-mudahan info Cara Mengatasi Penyakit Sembelit Pada Perut ini dapat menyembuhkan penyakit anda dengan seperti sedia kala, dan terima kasih sudah mau mampir dan melihat informasi di blog dr oz ini.