May 22, 2015

Waspadai Bahaya Beras Sintetis atau Beras Palsu dan Ciri-cirinya

Waspadai Bahaya Beras Sintetis atau Beras Palsu dan Ciri-cirinya - Saat ini sedang marak berita mengenai beras sintetis yang beredar di pasaran. Beras sintetis atau beras palsu ini terbuat dari bahan plastik yang tentu jika dikonsumsi walaupun sedikit sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja bahaya beras sintetis ini ?

Bahaya beras palsu yang saat ini sedang banyak beredar dipasaran mempunyai banyak bahayanya. Salah satu bahaya beras sintetis adalah bisa mengakibatkan kanker. Dari penelusuran di pasar-pasar induk beras di jakarta dan kota besar lainnya masyakrakat dan pedagang beras masih banyak yang tidak tahu bahaya dari beras palsu ini.

Beras tiruan ini kebanyakan dioplos dengan beras asli dan secara kasat mata memang tidak ada bedanya dengan yang asli. Namun jika kita cermat maka kita akan tahu perbedaan dari beras plastik dan beras asli ini. Efek samping makan beras sintetis akan mengakibatkan rasa sakit pada perut, dan mual hal ini dikarenakan sistem pencernaan tubuh kita tidak dapat mencerna beras palsu ini. Untuk efek bahaya makan beras palsu ini dalam jangka panjang akan mengakibatkan kanker.

Ciri-ciri Beras Asli dan Beras Palsu atau Beras Sintetis

  1. Untuk membedakan bagaimana ciri dari beras sintetis dan beras asli kalau dimasak menjadi bubur itu maka proses pembuatan bubur akan terlihat adanya gumpalan dan tidak semuanya menjadi bubur.
  2. Ciri beras plastik berikutnya adalah jika direndam seperti contohnya saat merendam beras dengan tujuan untuk mencuci beras, maka beras palsu akan mengapung dan tidak mau tenggelam.
  3. Untuk beras asli kalau direndam dalam air maka dia akan tenggelam dan tidak akan mengapun.
  4. Beras palsu kalau kita patahkan maka dia akan sangat sulit untuk patah, sebaliknya beras yang asli sangat mudah untuk kita patahkan.
  5. Beras sintetis warnanya bening dan bersih
  6. Di ujung bulir beras tidak terdapat warna putih
  7. Jika direndam tidak menyatu dan air cucian berasnya tidak berubah menjadi putih
  8. Bentuknya tidak natural (berbentuk lengkung).


Bahan baku beras sintetis mengandung bahan jenis polimer sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang banyak. Lihat juga video proses pembuatan beras sintetis atau beras palsu asal negara China ini. Sedangkan beras asli mengandung karbohidrat, protein, dan juga vitamin B1. Beras yang sehat maka akan terlihat warnanya tidak terlalu putih dan juga tidak bening. Pada ujung beras akan terlihat warna putih. Nah itu tadi Waspadai Bahaya Beras Sintetis atau Beras Palsu dan Ciri-cirinya.