May 12, 2015

Obat Sakit Mata Untuk Bayi

Obat Sakit Mata Untuk Bayi - Sakit mata pada bayi, sangat umum terjadi pada usia yang relatif belia. Ketika si Bayi terkena sakit mata, maka dibutuhkan kehati-hatian dalam penanganan untuk mengobati sakit mata pada bayi. Sakit mata atau belekan pada mata bayi tidak boleh sembarangan dalam penanganannya dan sebaiknya dilakukan oleh dokter saja. Namun sebagai orang tua kita juga harus tahu bagaimana penanganan sakit mata bayi ini.

Penyebab sakit mata pada bayi beragam penyebabnya, mulai dari yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri dan virus dsb. Apalagi bayi paling sering mengucek mata, jika lingkungan atau tempat dia kotor dan mempunyai banyak kuman bisa dipaastikan hal ini bisa menjadi penyebab sakit mata.

Penyebab bayi sakit mata yang lainnya adalah karena debu masuk kedalam mata secara tidak disengaja. Sehingga si bayi akan merasakan rasa sakit dan timbullah keinginan untuk mengucek mata. Debu yang masuk mata akan mengakibatkan mata bayi merah dan iritasi. Radiasi barang-barang elektronik dan juga vitamin A yang kurang asupannya didalam tubuh bayi juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya sakit mata bayi.

Cara Mengobati Sakit Mata Bayi

Obat Sakit Mata Untuk Bayi


1. Jagalah Kebersihan Mata Si Bayi

Agar bisa mencegah dan mengatasi sakit mata bayi, maka peran orang tua wajib diperlukan agar menjaga kebersihan mata bayi dari kotoran dan belekan sekecil apapun. Jangan sepelekan ketika ada belekan walau sedikit, karena kalau dibiarkan saja bisa bertambah banyak dan akan menghalangi pandangan bayi untuk melihat.

2. Jangan Sampai Saluran Air Mata Bayi Tersumbat

Kalau misalnya keadaan terjadi penyumbatan pada saluran air mata pada bayi, maka solusinya adalah dengan cara melakukan sedikit pemijatan pada daerah sekitar lingkar matanya dan juga di area batang hidung. Lakukan pemijatan secara hati-hati dan lembut, jangan terlalu keras.

3. Amankan Bayi Dari Kontak Langsung Debu

Ketika si bayi kita ajak jalan-jalan keluar rumah, waspadai dengan debu di area sekitar bayi. Usahakan carilah tempat berjalan-jalan dengan kondisi lingkungan yang tidak banyak berdebu dan jauh dari lalu lintas kendaraan bermotor. Hindarkan bayi dengan kontak langsung debu dengan cara melindungi bayi dengan media penutup pada bagian wajah bayi. Atau sepeda dorong bayi bisa kita beri tambahan penutup seperti kain yang transparan agar debu tidak langsung masuk ke mata bayi.

Supaya menghindarkan bayi dari sakit mata, tentunya peranan orang tua juga harus lebih peka dalam menghadapi hal ini. Orang tua harus lebih jeli ketika menghadapi dan melihat keadaan bayi yang tidak normal. Mata merupakan organ penting yang sangat harus kita jaga supaya kelak nanti perkembangan buah hati kita tidak terganggu. Jangan sampai sakit mata pada bayi mengganggu mata bayi jadi rusak. Sangat penting bagi orang tua untuk tahu dan kenal bagaimana ciri sakit mata pada bayi.