Apr 10, 2015

Sakit Mata Menular Lewat Tatapan ? Benarkah Demikian ?

Sakit Mata Menular Lewat Tatapan ? Benarkah Demikian ? - Penyakit mata menular lewat berbagai cara, dan yang berkembang menjadi banyak pertanyaan adalah penyakit mata menular atau tidak,  sakit mata menular atau tidak, sakit mata menular lewat apa, itulah beberapa cuplikan pertanyaan yang sering saya dapatkan dari para pemirsa setia dokter Oz Indonesia. Ya, berbicara mengenai masalah kesehatan sakit mata, ada baiknya kita kenali dahulu penyebab sakit mata.

Penyakit mata menurut wikipedia, sebetulnya banyak ragamnya dan juga ada beberapa yang bisa menular dan juga tidak menular. Penyakit mata menular contohnya adalah sakit mata yang dikarenakan oleh virus dan juga bakteri. Dan jika penyebab sakit mata itu karena alergi tertentu, ini tidak menyebabkan penyakit mata menular.

Penyakit Mata Menular dan Tidak Menular

1. Miopi, Penyakit Mata Tidak Menular

Jika kondisi mata untuk melihat jarak yang jauh mengalami batasan atau tidak terlihat. Sakit mata miopi ini termasuk kedalam kategori penyakit mata yang tidak menular. Umumnya banyak diderita dan dialami oleh kalangan para pelajar. Solusi mengatasi mata miopi adalah dengan menggunakan kaca mata cekung agar kondisi mata bisa kembali normal.

Lawan kata dari miopi adalah hipermetropi, yaitu kondisi dimana mata tidak bisa melihat benda dari jarak dekat. Solusinya adalah dengan menggunakan kacamata berlensa cembung.

2. Sakit Mata Presbiopi

Penyakit mata presbiopi adalah saat kondisi mata tidak bisa untuk melihat benda dengan jarak dekat maupun pada jarak dekat sekalipun. Solusi untuk mengatasi masalah mata presbiopi adalah dengan memakai kacamata dengan lensa ganda atau rangkap. Umumnya terjadi pada rentang usia lanjut atau lansia.

3. Sakit Mata Rabun

Kondisi mata orang rabun sebetulnya bisa melihat, namun objek atau benda yang dilihat tereasa tidak jelas alias samar-samar. Solusi untuk mengatasi hal ini jika ingin membaca atau melihat adalah dengan cara melakukan operasi lasik.

4. Konjungtivitis Sakit Mata Menular

Konjungtivitis Sakit Mata Menular

 

Nah untuk penyakit mata ini adalah yang termasuk kedalam kategori penyakit mata menular. Faktor yang menjadi pencetus dari konjungtivitis ini adalah dikarenakan adanya peradangan karena infeksi di bagian selaput yg melapisi mata kita. Gejala konjungtivitis atau penyakit mata menular ini adalah mata berwarna merah, mata berair, mata berasa nyeri, mata gatal, kemudian bisa juga penglihatan mata menjadi kabur dan juga mata banyak mengeluarkan kotoran.

Sakit mata menular lewat apa ?

Penyakit mata menular konjungtivitis ini bisa ditularkan melalui media debu, kemudian angin, serbuk, bisa dari bulu binatang dan juga karena asap. Selain itu, media penularan lainnya bisa melalui dari penggunaan lensa kontak yang tidak bersih dan terkontaminasi dengan virus juga bakteri.

Solusi Atasi Penyakit Mata Menular Konjungtivitis

Untuk bayi terkena sakit mata konjungtivitis bisa dilakukan pengobatan dengan cara obat tetes mata bisa juga dengan salep antibiotik tertentu sesuai dengan resep dokter untuk menghilangkan bateri pada mata.
Bagi orang dewasa, solusi obati sakit mata adalah dengan cara kompres mata menggunkan air yang hangat dan bisa juga dengan obat tetes mata serta salep antibiotik tertentu sesuai resep dokter.

Ketika akan melakukan cara diatas, ada baiknya disarankan cuci tangan dahulu dan keringkan, hal ini untuk menjaga supaya mata tidak tertular lagi bakteri atau virus dan ini juga supaya iritasi tidak bertambah sakit.
Jangan mencampur barang yang dipakai oleh anda yang sedang mengalami sakit mata dengan orang lain supaya tidak menular ke orang lain.

5. Sakit Mata Trakoma Dapat Menular

Penyakit mata menular trakoma ini penyebabnya adalah dikarenakan serangan infeksi dari bakteri Chlamydia Trachomatis. Bakteri ini sangat senag dan suka hidup di alam dengan kondisi sanitasi jelek dan juga lingkungan kotor. Seringkali penyakit mata trakoma bisa menyerang pada anak-anak.

Gejala penyakit mata trakoma adalah dengan ciri-ciri seperti mata merah, keluar banyak kotoran dari mata, kelopak mata bengkak, dan juga akan terganggu kelenjar getah bening. Selain itu juga kornea mata akan terlihat sangat keruh.

Obat Sakit Mata Menular

Untuk solusi mengatasi dan mengobati sakit mata ini dilakukan dengan mengisolasi alat-alat ataupun benda yg pernah digunakan oleh penderita agar tidak digunakan lagi buat orang lain. Oleskan salep tetracyclin dan juga erithromycin dengan interval waktu pemberian sekitar 1 bulan, namun tentunya harus dalam pengawasan dokter.

Sahabat fater semua, itu saja dulu yang bisa saya sampaikan berbicara mengenai masalah kesehatan mata, dan juga solusi atasi penyakit mata. Terimakasih atas semuanya dan jangan lupa share ke sosial media juga, thanks sudah mampir dan membaca artikel dengan judul Sakit Mata Menular Lewat Tatapan ? Benarkah Demikian ?