Feb 25, 2015

Tanya Dokter OZ : Reumatik Pada Usia Muda

Tanya Dokter OZ : Reumatik Pada Usia Muda
Di dr Oz Indonesia kita selalu mengambil inspirasi perrtanyaan tidak hanya dari bintang tamu atau penonton di studio tetapi juga penonton dirumah. Nah kali ini saya dibantu oleh artis cantik Mona Ratuliu untuk membacakan beberapa pertanyaan yang masuk via email. Berikut ini cuplikan pertanyaan tentang informasi penyakit rematik usia muda.

"Dok aku sering banget ngerasain sakit di sendi-sendi tubuh seperti lutut dan lengan, apalagi pas lagi turun tangga atau berjalan jauh. Kata orang sih saya reumatik, tapi saya masih umur 23 tahun. Apa benar dok ? Mohon penjelasannya, terimakasih."

Dalam mendiagnosa suatu penyakit diperlukan tahap-tahap tidak hanya riwayat penyakit, dari laporan atau informasi pasiennya tapi juga melalui rentetan pemeriksaan. Pada riwayat tulang dan sendi ada 3 jenis nyeri tulang dan sendi .
Tanya Dokter OZ Reumatik Pada Usia Muda

3 Jenis Nyeri Tulang dan Sendi

  1. Pengapuran sendi terutama di tulang rawan
  2. Reumatik gout karena tingginya asam urat
  3. Reumatik arthritis

Dilihat dari situasi yang dialami oleh sdri yang bertanya ini, yaitu nyeri dan berumur masih 23 tahun namun masih bisa juga dipengaruhi berat badan . Penyakit yang dialaminya ini Rheumatoid arthritis, yaitu penyakit yang bisa juga dialami oleh orang muda. Tetapi konsepnya adalah rheumatoid dapat terjadi pada usia muda karena gangguan sistem imunnya. Sistem imunnya itu adalah dia menyerang bagian sel sel yang sehat . Kan seharusnya immun itu melawan sel yang jahat.

Perbedaan Osteoarthritis dan Rheumatoid Arthritis

Untuk membedakan dengan keluahan tulang yang lain antara osteoarthritis dan rheumatoid arthritis adalah kalau osteoarthritis dia lebih mengarah kepada radang bantalan sendi. Kalau rheumatoid arthritis adalah radang pada bagian tulangnya. Ciri yang khas pada penyakit nyeri sendi rheumatoid arthritis ini biasanya kaku pada tangan di pagi hari biasanya itu terjadi setiap hari dan berlangsung antara 3 bulan sampai 6 bulan maka segeralah diperiksa ke dokter untuk mengetahui apakah ini rematik jenis apa. Baca juga Dr. Oz Indonesia Penyebab Kaku Pada Persendian dan Tips Mencegah Nyeri Sendi

Penyebab Rematik

Mitos rematik jangan mandi malam merupakan keliru. Untuk anda yang sudah positif menderita rematik sebaiknya dihindari untuk malam karena kondisi cuaca yang dingin atau air yang dingin itu bisa memicu rasa ngilu pada persendian. Tetapi cuaca yang dingin atau air yang dingin tidak menjadi penyebab dari munculnya rematik pada orang yang normal. Jadi ini bukan penyebab tetapi kalau sudah rematik harus dihindari.

Bicara masalah solusi, untuk rematik karena penyebabnya adalah proses sistem imun nanti dalam terapi lebih mengarah untuk mengurangi atau menghilangkan gejala nyerinya atau meminimalkan resiko akibat dari rematik . Resiko yang terjadi penyakit ini kalau berlangsung lama bisa saja terjadi kerusakan pada daerah tulang itu sendiri. Jadi, dalam terapi gunakanlah beberapa terapi yang sudah dianjurkan oleh dokter. Nah itu tadi penjelasan dan jawaban atas pertanyan yang masuk ke meja redaksi dr. Oz Indonesia, terimakasih sudah membaca
Tanya Dokter OZ : Reumatik Pada Usia Muda.