Jan 8, 2015

Plantar Fasciitis : Nyeri Tumit Terasa Sakit dan Solusi Pengobatannya

Plantar Fasciitis : Nyeri Tumit Terasa Sakit dan Solusi Pengobatannya - Selamat Pagi rekan-rekan pemirsa Dr. Oz Indonesia dimanapun anda berada, pembahasan pagi ini saya ingin menjawab pertanyaan yang masuk via email dr oz di droztranstv@gmail.com . Kali ini menjawab keluhan seputar Pasitis plantaris atau istilah medisnya Plantar Fasciitis atau Nyeri Tumit. Keluhan dari Ibu Hilda Farista sebagai berikut :  Pada edisi sebelumnya membahas Dr Oz Indonesia Tips Mengatasi Obat Nyeri Otot dan Letih

"Pagi dok,request pembahasan dan solusi pasitis plantaris dong, saya sudah 5 tahunan mengalaminya. Discan tidak ada daging tumbuh, saya lupa dokter bagian apa menyarankan saya renang untuk menurunkan berat badan dan menggunakan Angkle (kaus kaki yang elastis) untuk menghilangkan nyeri. Berat badan tidak turun, tumit tambah nyeri bahkan nyeri lutut kalau berdiri lama. Dulu saya aerobik berat badan cepat turun, tapi itu ga mungkin karena hentakan memperparah tumit. Saya juga sudah capek pengobatan, seperti rendam kaki juga sudah dilakukan. Untuk  info berat saya 40 sekarang 74, tolong solusinya dok. trims.."

Obat Ampuh Menghilangkan Plantar Fasciitis atau Nyeri Tumit 

nyeri tumit
nyeri tumit

Nyeri tumit atau plantar fasciitis biasanya penyebabnya adalah karena peradangan pada plantar fascia atau jaringan pada sepanjang bagian dibawah kaki penghubung tulang tumit dan ibu jari. Akibat dari plantar fasciitis bisa mengakibatkan nyeri mirip ditusuk dan juga ada rasa seperti terbakar dan ini akan bertambah hebat ketika saat pagi hari.  Nyeri tumit ini akan terasa seperti sesaat setelah bangun dari duduk lama. Pada umumnya nyeri tumit ini lama-lama dapat hilang dan sembuh dengan sendirinya tanpa melalui tahapan pembedahan dan pengobatan invasif. Buat anda yang mengalami sakit tumit ini bisa mencegahnya dengan langkah-langkah dibawah.


Gejala Penyakit Plantar Fasciitis


Obat ampuh menghilangkan nyeri tumit, sebelumnya kita bahas seperti apa gejalanya. Rasa nyeri tumit bisa kita kenali dari gejalanya yang bisa saja terasanya bertahap dan kadang juga muncul secara tiba-tiba. Kadang yang sering terjadi adalah menyerang salah satu kaki. Berikut gejala nyeri tumit plantar fasciitis :
  • Nyeri sangat tajam pada telapak kaki bagian dalam sekitar tumit. Rasanya mirip dengan ditusuk benda tajam pada tapak kaki.
  • Setelah bangun tidur terasa nyeri walaupun beberapa langkah pertama, kadang nyeri dirasakan saat naik tangga.
  • Setelah berdiri lama dan duduk lama kemudian berdiri dan mencoba berjalan biasanya akan terasa sakit pada tumit.
  • Nyeri tumit akan muncul setelah kita selesai berolahraga, namun kalau saat sedang berolahraga tidak terasa sakitnya.
  • Timbulnya bengkak ringan pada tumit.

Penyebab Plantar Fasciitis atau Nyeri Tumit

  1. Aktifitas fisik terlalu banyak. Ini biasa ditemui pada atlet olahraga seperti pelari jarak jauh, jogging. Ketika menaiki tangga ataupun berjalan juga jadi penyebab nyeri tumit.
  2. Arthritis menjadi penyebab juga seperti beberapa type dari arthritis yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada bagian tendon di telapak kaki.
  3. Diabetes, walaupun tidak diketahui cara kerja dan hubungannya, sakit tumit seringkali mengenai penderita diabetes.
  4. Bentuk kaki abnormal. Jika lengkung tapak pada kaki datar ataupun melengkung berlebihan dan kondisi berjalan yang abnormal ini tentunya akan akibatkan distribusi berat badan tidak balance terutama tumpuan kaki seperrti tumit.
  5. Sepatu tidak cocok, jika menggunakan sepatu dengan sol tipis, longgar dan tidak mempunyai lengkung kaki maka sepatu ini tidak bisa menyerap hentakan dari kaki. Sepatu dengan hak tinggi juga akibatkan tendon pada tumit menegang dan memendek.

Pertolongan dan Pengobatan Ampuh Menghilangkan Nyeri Tumit

Anda coba praktekkan beberapa tips terapi atasi nyeri lutut sederhana dibawah ini :
  1. Kompres dengan es atau air dingin. Tumit kita kompres dengan es batu yang dibalut kain dan tempelkan pada derah yang nyeri selama 15 - 20 menit dan ulangi dalam sehari minimal 3 kali setelah anda melakukan aktifitas. Bisa juga dengan mengurut daerah yang nyeri dengan es sekitar 5 menit saja.
  2. Kaki harus istirahat jika anda mengalami nyeri tumit. Jangan paksakan untuk melakukan aktifitas perjalanan jauh atau yang menyita banyak kegiatan yang menggunakan kaki.
  3. Sebaiknya bagi anda yang hobi olahraga lari untuk mengurangi dulu jarak lari anda.
  4. Olahraga yang sebaiknya dilakukan adalah olahraga yang tidak menimbulkan hentakan. Coba anda ganti dengan olahraga seperti berenang dan bersepeda.
  5. Pakailah sepatu yang ergonomis atau sesuai dengan bentuk lengkung telapak kaki anda.
  6. Melakukan peragangan pada bagian lengkung kaki anda bisa meredakan nyeri tumit.

Oke pemirsa setia dr oz dimanapun berada, itu saja dulu yang bisa sampaikan untuk menjawab pertanyaan dari sdr. Hilda Farista yang masuk via email. Terimakasih buat para pengunjung loyal blog dr oz Indonesia atas partisipasi dan perhatiannya membaca artikel dengan judul Plantar Fasciitis : Nyeri Tumit Terasa Sakit dan Solusi Pengobatannya. Jangan lupa bagikan informasi ini untuk teman-teman kita yang lain yang belum tau. Salam sehat Indonesia dan baca juga informasi sehat lainnya yaitu Dr. OZ Kenali Penyebab, Gejala, Obat Penyakit Infeksi Sumsum Tulang Belakang