Dec 5, 2014

Dr OZ Indonesia Nasi Basi Semalam Baik Untuk Diabetes ?

Dr OZ Indonesia Nasi Basi Semalam Baik Untuk Diabetes ? - Masalah menanak nasi terkadang banyak sekali pernyataan dari masyarakat kita mengenai menanak nasi kalau nasi yang didiamkan semalaman dan besok pagi dimakan katanya bagus untuk penderita diabetes karena indeks glikemiknya rendah. Itu semua salah dan keliru, itu mitos. Bicara mengenai masalah gizi pada nasi mau itu nasi merah ataupun nasi putih sebenarnya sama saja walaupun takarannya berbeda yang penting adalah bagaimana caranya nasi itu tidak cepat basi sehingga status gizinya terjaga. Biasanya kalau mencuci beras berapa kali cucian ibu-ibu ketika hendak menanak nasi ?

Tips Dr. OZ Memasak Nasi Yang Sehat

Berbicara nasi biar tidak cepat basi tentunya kualitas beras harus diperhatikan, dan juga disaat kita membersihkan atau mencuci beras. Nah disaat kita mencuci beras sebaiknya maksimal 2 kali cucian beras. Mencuci beras maksimal 2 kali agar nutrisi pada beras tidak hilang. Jadi jangan terlalu lama mencuci berasnya, tapi pada dasarnya sih tergantung dari kualitas beras itu sendiri. Gunakan air yang berkualitas untuk mencuci bersih beras yang akan dimasak. Air matang juga bagus untuk sebagai air beras  untuk mencuci karena air yang berkualitas menentukan nasi cepat basi atau tidak.
Dr OZ Indonesia Nasi Basi Semalam Baik Untuk Diabetes
Dr OZ Indonesia Nasi Basi Semalam Baik Untuk Diabetes

Setelah beras selesai dicuci dengan bersih maka kita segera memasukkan beras kedalam rice cooker. Menggunakan apapun alat untuk menanak nasi tidak masalah, tapi biasanya disaat dia sudah berubah warna dari mulai cook menuju warm dia memasak sampai sudah matang nanti kan akan ada asap yang mengepul.

Rahasia Nasi Tidak Cepat Basi

Nah ini adalah rahasia agar nasi tidak cepat basi. Jangan biarkan nasi dalam kondisi banyak uap air pada rice cooker anda. Asap ini akan menghasilkan uap air, dan uap air akan mengumpul pada bagian atas dari rice cooker dan lokasi ini biasanya banyak bakteri yang berkumpul dan kemudian uap air akan menetes kembali lagi menuju nasi yang sudah bercampur dengan bakteri. Untuk itulah kenapa nasi menjadi cepat basi.

Solusinya adalah, ketika kita menanak nasi dan sudah matang maka segera buka rice cooker kemudian ambil nasi yang ada didalam wadah rice cooker. Kemudian kita angin-anginkan nasi tersebut hingga nasi agak dingin dan sudah tidak beruap lagi. Setelah itu barulah kita masukkan lagi nasi yang sudah dingin tersebut ke dalam rice cooker. Intinya adalah jangan sampai uap air pertama kali menanak nasi dalam rice cooker menetes kembali pada nasi.

Untuk memasak nasi dalam sehari sebaiknya dibagi menjadi dua kali. Pertama, masak pada pagi hari untuk kebutuhan konsumsi makan di pagi hari dan siangn hari. Dan yang kedua, masak nasi di siang hari untuk konsumsi makan siang hari dan malam hari nanti. Jadi kandungan nutrisinya tetap terjaga kemudian resiko terjadinya basi atau kondisi nasi itu yang agak basah atau apapun itu bisa diminimalkan resikonya.

Memang sih sepertinya merepotkan karena harus ada dua kali pengerjaan, tapi kesehatan keluarga kita kenapa tidak ? Nah untuk mitos makan nasi yang kita inapkan semalam atau istilahnya makan nasi basi itu bagus untuk diabetes apakah itu benar ? Itu salah dan tidak benar hanya mitos belaka, sebenarnya tidak ada perubahan dari indeks glikemik tubuh. Kalau ingin yang diabetes tentunya adalah beras yang berkaitan dengan serat seperti nasi merah. Nah sekarang sudah tahu ya bagaimana caranya agar nasi cepat basi. Terimakasih sudah membaca artikel dengan judul Dr OZ Indonesia Nasi Basi Semalam Baik Untuk Diabetes  ini semoga bermanfaat apa yang sudah saya sampaikan ini. Baca juga Khasiat Beras Merah Untuk Diabetes

Dr OZ Indonesia Apakah Nasi Sisa Semalam Baik untuk Diabetes 27 November 2014



Tags : Dr OZ Indonesia Terbaru 2014, Dr OZ Indonesia Terbaru, Dr OZ Indonesia, Dr OZ, Dr, OZ, Indonesia, Terbaru, 2014, Dokter, Malaysia, Melayu, Dr OZ Indonesia Jerawat, Dr OZ Indonesia Keperawanan, Dr OZ Indonesia Perut Buncit, Dr OZ Indonesia September 2014, Dr OZ Indonesia Diet