Oct 31, 2014

Tips Atasi Sakit Maag Saat Hamil

Tips Atasi Sakit Maag Saat Hamil - Halo pemirsa dr oz Indonesia, update kali ini membahas mengenai mengatasi maag saat hamil muda, obat maag saat hamil muda dan mual saat hamil muda karena maag. Masih bersama dr. Ryan Thamrin mengatasi gangguan masalah pencernaan yaitu sakit maag.

Apa yang terjadi jika sakit maag ini terjadi pada ibu hamil ? Kali ini perbincangan dr oz Indonesia bersama bintang tamu dr. Ivander Utama (Spesialis kebidanan dan kandungan ). Dari pengalaman dokter Ivander yang notabene pasiennya pasti ibu hamil, berbagi pengalaman menangani ibu-ibu hamil yang maag kambuh saat hamil.

Pada artikel sebelumnya berbicara mengenai Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Dr. Oz  Cara Mengatasi Maag Saat Hamil Muda

mengatasi maag saat hamil muda, obat maag saat hamil muda, maag kambuh saat hamil

Maag kambuh saat hamil


Cara mengobati maag saat hamil kalau memang sudah ada bakat sakit maag, selama hamil maag tersebut bisa tambah parah. Maka sakit maag ini harus dikontrol dulu sebelum hamil. Kalau sudah hamil, baru makan teratur, tidur teratur, cukup istirahat dan makan terautr itu sangat mempengaruhi akan sangat baik terhadap maagnya juga. Jadi sakit maag saat hamil dapat diatasi dengan makan dan tidur yang teratur.

"Jika punya riwayat maag sebaiknya kontrol kondisi maag sebelum kehamilan"

Kalau bicara masalah obat, obat maag ibu hamil bisa dikategorikan ada obat maag yang menetralkan asam lambung, dan ada juga yang mencegah penyebaran dari asam lambungnya.  Tapi yang terpenting adalah tetap bagaimana supaya makan teratur dan pola hidup yang bagus. Jika pola hidup ibu hamil bagus otomatis maag juga tidak akan bertambah parah dan kita tidak perlu untuk mencari obat maag untuk ibu hamil muda.

Kendala utama ibu hamil adalah morning sickness atau "mual mual saat hamil" pada pagi hari .  Untuk mengatasi mual saat hamil muda ini sebenarnya dikarenakan kadar estrogen dalam tubuh mengalami peningkatan.  Tetapi apabila dia ibu hamil memiliki maag bukan tidak mungkin akan berlanjut hingga  sore hari, malam hari dan itu tidak hanya terjadi pada usia kehamilan muda bahkan akan terjadi terus sampai akhir kehamilan. Hal ini tentu saja berbahaya bagi kesehatan janin. Bagaimana upaya mengatasi hal ini ?

Untuk wanita hamil otomatis ada perubahan-perubahan pada badannya juga hormonnya. Termasuk juga pada perubahan kondisi asam lambungnya. Asam lambung yang cepat sekali lewat di lambung otomatis akan lebih lama tertahan di lambung sehingga maag nya lebih teriritasi, lebih terangsang jadi lebih mudah terserang sakit maag. Yang tadinya tidak punya bakat maag, selama hamil bisa jadi akan terkena sakit maag. Yang tadinya sudah sakit maag maka sakit maag saat hamil muda bisa jadi tambah parah.
"Pada saat hamil hormon dalam tubuh akan berubah, termasuk kadar asam lambungnya. "

Nah jika seorang wanita hamil ini sudah kambuh maagnya dan dia tidak mau minum obat maag saat hamil sebaiknya anda mengikuti beberapa tips untuk mengatasi maag saat hamil berikut ini :

Langkah Awal Penanganan Sakit Maag Pada Ibu Hamil

  • Malam sebelum tidur minum susu terlebih dahulu. Caranya diminum langsung sebelum tidur, susu yang dipilih jenisnya boleh apa saja. Minum susu sebelum tidur ini akan membantu menetralkan asam lambung yang diproduksi pada saat kita tidur.
  • Bangun tidur pagi hari minum dahulu segelas air hangat. Kalau kita langsung makan-makanan berat seperti nasi di pagi hari, ini akan memicu prooduksi asam lambung akan semakin meningkat. Cara cara mengobati maag saat hamil ini akan membantu menetralkan asam lambung.

Obat Maag Saat Hamil

Nah ini jika berbicara tentang masalah obat maag saat hamil, untuk emergency obat yang sebaiknya diminum untuk keadaan darurat adalah cari obat maag yang untuk menetralkan asam lambung terlebih dahulu. Biasanya ini termasuk obat golongan antasida. Antasida adalah obat yang digunakan untuk menetralisir asam lambung. Namun pilihlah antasida yang hanya antasidanya saja, jangan yang dikombinasikan dengan yang lainnya. Karena ada juga obat antasida yang dikombinasi dengan obat lainnya.

Saran saya untuk ibu-ibu hamil, sebaiknya sejak sebelum hamil kita sudah harus sering konsultasi dulu ke tempat kita kontrol atau ke bidan ceritakan bahwa kita punya riwayat sakit maag ataupun lainnya. Dengan demikian kita sudah punya obat-obatan emergency dirumah kalau misalnya sewaktu-waktu ada serangan maag yang akut.

Oke, mengatasi maag saat hamil muda memang terlihat sepele namun hal ini jangan dibiarkan begitu saja. Nah itu tadi update artiekl dr. Oz Indonesia pagi hari ini dengan judul Tips Atasi Sakit Maag Saat Hamil. Semoga apa yang saya sharing mengenai obat maag saat hamil muda, maag kambuh saat hamil, dan cara mengatasi maag saat hamil muda ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman anda yang lain agar semakin banyak ibu-ibu hamil yang sedang mengalami sakit maag bisa tertolong dengan informasi ini. Terimakasih. Baca juga Mitos Atau Fakta Tentang ASI