Jul 17, 2014

Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil - Berbagai persiapan untuk anda yang sedang hamil tidak hanya kesehatan anda yang harus dijaga, tapi juga kesehatan bayi anda yang masih dalam kandungan anda agar lahir selamat dan sehat. Tentunya berbagai persiapan anda lakukan termasuk asupan nutrisi harian anda. Baik, bicara mengenai asupan makanan untuk ibu hamil tentunya kita harus cukup tahu tentang makanan yang sehat dan bergizi baik untuk tumbuh kembang ibu dan bayi dalam kandungan tersebut. Kehamilan akan berdampak cukup besar pada ketahanan tubuh dan kondisi mental Ibu hamil. Pada ibu hamil sangat disarankan untuk menjaga asupan nutrisi makanan yang sehat.

Nutrisi Ibu Hamil 1 Bulan, trimester pertama, 3, 8 bulan

Asupan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda

Pada kehamilan diperlukan nutrisi yang cukup baik untuk menjaga kesehatan sang ibu dan bayi.  Kebutuhan Nutrisi ibu hamil trimester pertama, nutrisi ibu hamil trimester 2 harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini asupan nutrisi pada ibu hamil yang harus anda konsumsi :

  1. Sayur. Tahukah anda pada saat sedang hamil ibu hamil kekurangan dengan zat besi. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kangkung bisa menutupi kebutuhan harian anda yang sedang kekurangan zat besi. Pada sayuran hijau mengandung banyak zat besi, vitamin c folat dan serat yang tentunya membantu mengatasi berbagai problema ibu hamil.
  2. Nasi Merah. Nasi jenis ini merupakan nasi yang berasal dari beras merah yang mempunyai banyak manfaat. Pada artikel sebelumnya juga dibahas tentang manfaat beras merah untuk penyakit diabetes. Nasi merah mengandung vitamin B, serat dan zat besi. Nasi merah merrupakan salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah yang tentunya dengan indeks glikemik yang rendah membuat anda tahan lapar. Pada kandungan vitamin B sangat berguna untuk meproduksi sel darah merah dan sistem syaraf.
  3. Buah Strawberry. Buah ini mengandung banyak sekali folat, serat, vit C dan antioksidan yang mempunyai manfaat melindungi bayi dari penyakit diabetes ataupun obesitas.
  4. Minyak Ikan. Ibu hamil sangat penting agar mendapatkan sumber makanan yang mengandung minyak ikan seperti ikan Salmon yang mengandung asam lemak omega 3. Omega 3 dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan mata serta system syaraf pada bayi.
  5. Pisang. Kandungan buah pisang mempunyai zat yang bernama potassium. Buah pisang juga bisa untuk mengatasi pegal dan capek. Pisang dibutuhkan agar bisa mengatasi kaki bengkak juga kram saat hamil. Buah pisang untuk ibu hamil bisa juga untuk menahan lapar lebih lama karena pisang merupakan buah dengan indeks glikemik rendah. Buah pisang juga kaya akan serat dan tentunya ini sangat baik buat mencegah sembelit pada ibu hamil. Saran saya sebaiknya buah pisang ini anda jadikan sebagai makanan cemilan pada saat senggang.
  6. Daging Merah. Ibu hamil biasanya terkena anemia, nah tips untuk mengatasi anemia pada ibu hamil sebaiknya anda konsumsi daging merah namun tanpa lemak karena pada daging merah ini terdapat sumber zat besi dan protein yang cukup baik bagi ibu hamil yang terkena anemia. Jangan mengkonsumsi hati, karena kandungan retinol tinggi pada hati berbahaya untuk bayi.
  7. Buah Kiwi. Antioksidan tinggi dan vitamin C yang tingginya melebihi kandungan dari jeruk merupakan kombinasi dua hal yang sangat diperlukan buat tumbuh kembang si bayi.
  8. Ubi. Makanan asli dan alami ini tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Kandungan Vit B, vit C, serat dan antioksidan juga karbohidrat sangat diperlukan bagi ibu hamil. Serat dari ubi bisa mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil. Karbohidrat dari ubi merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah dan mempunyai manfaat kenyang lebih lama.

Yuk kita share apa yang kita baca dengan teman teman disekitar anda, agar lebih banyak lagi orang yang tertolong dengan keluhan penyakitnya. Terimakasih anda sudah membaca

Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil