Oct 15, 2014

Manfaat Terapi Ketawa Bagi Usia 70 Ke Atas

Manfaat Terapi Ketawa Bagi Usia 70 Ke Atas - Ada sekelompok nenek-nenek yang sudah berusia 70 tahun ke atasan di negara Australia lebih tepatnya di kota Melbourne, mereka punya trik atau cara terunik untuk melewati masa-masa dihari tua-nya. Segala apa pun permasalahan mengenai hidup mereka, yang termasuk seperti penyakit kayak pikun dan sebagainya mereka mengatasinya dengan cara tertawa, karena terapi tertawa untuk kesehatan ini bisa membuat mereka merasa menjadi lebih muda kembali dan merasakan kesegaran dalam setiap permasalahan.

terapi tertawa pada lansia

terapi tertawa pada lansia


Terapi tertawa pada lansia, inilah sebuah kelas Senam Yoga khusus buat nenek-nenek dan juga kakek-kakek yang telah didirikan oleh Dr.Madan Kataria, beliau adalah pendiri terapi tertawa untuk semua pesertanya yang ingin mengikuti kelasnya. Dan beliau pernah mengatakan bahwa ketawa bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan tentunya sudah banyak bukti yang beliau dapatkan dengan cara menerapkan senam tertawa tersebut. manfaat terapi tertawa terhadap penurunan tekanan darah juga terbukti sangat signifikan mengurangi hal ini. Bukan hanya Dr.Madan Kataria saja yang bilang terapi ketawa bisa bermanfaat bagi kesehatan, instruktur olahraga yoga-nya pun pernah menjelaskan bahwa sejak mereka menerapkan sebuah terapi ketawa selama kurang lebih 10 tahun yang lalu, beliau atau kita sebut saja namanya Carolyn Nicholson telah merasakan tubuhnya yang semakin hari semakin kuat.

Menurut pengalaman Dr.Madan yang pernah meneliti beberapa tubuh seseorang yang rata-rata tubuh tersebut tidak bisa mampu untuk membedakan mana ketawa yang palsu dan mana ketawa yang sesungguhnya, “menurut pakar senam yoga Nicholsom mengatakan” “bahwa untuk saat seseorang melafazkan suara hahahaha...hohohoho....saja pun tubuh seseorang akan tetap bisa menerima suara tersebut adalah sebagai suara ketawa yang sesungguhnya”.

Hal tersebut pula pernah dilihat sama ABC yang saat itu pernah menyaksikan para peserta lebih dari 40 orang lanjut usia atau disebut juga nenek dan kakek mengikuti kelas senam yoga dengan Terapi Ketawa yang pertama kali didunia, khususnya hal ini sebagai sebuah bagian dari Victorian Seniors Festival yang terletak di kota Melbourne. Simak berita terkait mengenai Tips Mengurangi Stress Dengan Cara Olahraga Yoga yang kemarin sudah kami bahas untuk anda.

Pada awal-awalnya para peserta di suruh bergumam untuk mengeluarkan suara seperti hahahaha...hohohoho...dan kemudian bergerak dengan cara perlahan-lahan sampai bisa menciptakan sebuah suasana yang sangat rileks. Dan ketika para peserta sengaja dimintai untuk bergerak secara pelan-pelan mendekati ke seseorang yang sama sedang mengikuti instruksi seperti itu juga dianjurkan untuk saling menjabatkan tangannya kesesama peserta dengan seakan-akan mereka terkena sebuah setruman arus listrik, dan hasilnya tawa pun menjadi terpecah dengan membahana disaat itu juga.

Kemudian para peserta dimintai untuk saling bersenderan dipunggung atau kita sebut saja memunggungi punggung sesama peserta dan dianjurkan untuk mencoba tertawa yang sekeras-kerasnya. “menurut Nicholsom”, “pada awalnya saya berpikir ini terapi apa-apaan, namun setelah berpikir bahwa otak dari kita ini hanyalah sebuah otot-otot yang memang isinya sama seperti otot yang lainnya. Sekali saja kita melakukan tertawa, walaupun itu tertawa palsu, namun kita di anjurkan untuk bisa terbiasa melakukan tertawa, contohnya sama saja seperti pada saat kita masih kecil, saat itu kita bisa selalu tertawa dalam hal apa pun”.

Supaya lebih jelasnya pada saat seseorang ketawa, sebenarnya tubuh seseorang tersebut bisa memproduksi sebuah zat-zat seperti Endhorphins dan juga zat-zat kimiawi yang lainnya dapat membantu mengurangi penyakit stress dan bahkan mampu untuk mencegah timbulnya gejala penyakit seperti pikun. Dan beberapa peserta pernah mengatakan, kita sebut saja Allison Gould pernah mengaku bahwa selama beliu mengikuti terapi seperti ini dia dapat merasakan bahwa dirinya seakan-akan telah kembali menjadi seorang anak-anak yang usianya 6 tahunan, dan ada satu lagi peserta yang mengatakan bahwa dia mengakui hal tersebut pun dirasakan olehnya seakan-akan beliau telah menjadi anak muda lagi, tutur Aileen Erikson seseorang nenek-nenek yang usianya 89 tahunan.

Dengan demikian kami mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungannya di ulasan mengenai Manfaat Terapi Ketawa Bagi Usia 70 Ke Atas dan semoga anda mencobanya dirumah, namun tentunya sebelum anda mencoba dirumah sendiri alangkah baiknya anda konsultasi dulu dengan para ahli terapi tertawa pada lansia.