Dec 6, 2017

Saat menstruasi keluar gumpalan darah, normal

Saat menstruasi keluar gumpalan darah, normal

Image source: http://www.wowkeren.com/images/news/warna-darah-pada-menstruasi-06.jpg

Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar kasus kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama bersama tim dokter berdasarkan meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan sang pembaca. Berikut ialah keliru satu pertanyaan yang sudah sampai dalam redaksi merdeka.com.

Pertanyaan
Dok, waktu menstruasi terkadang keluar gumpalan darah. Apakah hal ini normal? Sebenarnya misalnya apa ciri berdasarkan darah menstruasi yang sehat?

Jawaban
Ada kalanya darah mens mengalami perubahan warna & konsistensinya, misalnya keluar misalnya gumpalan darah, entah bersama warna merah segar atau menghitam. Biasanya hal ini terjadi waktu menstruasi sedang banyak-banyaknya. Tidak kasus, hal ini terjadi alasannya tubuh kita mengeluarkan zat pencegah pembekuan darah (antikoagulan) buat menjaga darah mens menggumpal waktu dikeluarkan.
Ketika volume darah mens sedang tinggi & dikeluarkan bersama cepat, antikoagulan ini tidak punya nisbi waktu buat mencegah pembekuan darah. Nah, itulah yang berakibat darah keluar dalam bentuk gumpalan-gumpalan.
Tekstur darah yang sangat kental & cenderung menggumpal, atau pelepasan yang deras dapat saja hanya sementara, & tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi kalau Enda mengeluarkan gumpalan darah dalam jumlah hiperbola, atau keluarnya begitu terus-menerus sehingga tubuh jadi terasa lemas & cepat lelah, usahakan Enda berkonsultasi bersama dokter secara eksklusif buat mengetahui penyebabnya.

Dijawab sang dr. Anita

Minggu depan merdeka.com mengusung tema seputar Pola Makan. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Enda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Enda jua yah. [feb]