Dec 1, 2017

Normalkah Menstruasi Anak yg Tidak Teratur

Normalkah Menstruasi Anak yg Tidak Teratur

Image source: http://www.pojokjogja.com/wp-content/uploads/2017/05/093630100_1443507209-boneka_1.jpg

Liputan6.com, Jakarta Ane (13) sedang menjalani tahun pertama menstruasinya. Namun, interval antar menstruasinya berubah-ubah. Kadang 28 hari, mampu pula 32 hari. Normalkah seperti itu?

Menurut Satgas Remaja Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), Frida Soesanti, normal bila pada 2 tahun pertama menstruasi berlangsung tidak teratur.

"Dua tahun pertama menstruasi mampu tidak teratur. Itu karena hormon belum matang sahih," katanya jelang Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia pada Jakarta pada Jumat (26/lima/2017).

Normalnya interval menstruasi rentang 21 hingga 35 hari beserta rata-rata 28 hari. Aika interval menstruasi lebih dari tiga bulan harus mencari memahami apa penyebabnya.

Menstruasi pada anak-anak memang tidak teratur, akan namun normalnya anak tidak akan merasa nyeri atau kram menstruasi. Jadi, para orangtua gak perlu panik bila jadwal menstruasinya tidak teratur.

Selain itu, penting pula mengetahui usang menstrusi anak. Rata-rata menstruasi berlangsung sekitar lima hari. Menstruasi yg berlangsung tiga hingga tujuh hari itu normal.

"Bila kurang dari tiga hari, 2 hari misalnya itu udah enggak normal. Lalu, kalau lebih dari tujuh hari pula enggak normal," celoteh dokter Frida.

Jumlah darah yg keluar ketika menstruasi satu daur itu rata-rata 30 mililiter atau sekitar setiap hari berganti pembalut 3-6 kali. Aika volume menstruasi amat banyak, misalnya mesti berganti pembalut setiap jam sekali, itu pula perlu dicari memahami penyebabnya.

Walau menstruasi pada anak-anak tidak teratur, normalnya anak tidak akan merasa nyeri atau kram menstruasi. Jadi, para orangtua gak perlu panik bila jadwal menstruasinya tidak teratur.