Dec 1, 2017

Obati sakit menstruasi beserta operasi, Klinik Metropole ditutup

Obati sakit menstruasi

Image source: http://mistercufflink.com/wp-content/uploads/2014/10/Obat-Sakit-Gigi-Untuk-Ibu-Hamil.jpg

Berbagai klinik kesehatan beserta berbagai macam tawaran pengobatan semakin menjamur pada Jakarta. Bagi Anda yang ingin memeriksakan kesehatan, sebaiknya lebih selektif dalam mengarah wilayah berobat yang akan didatangi.

Hal ini krusial untuk menghindari Anda dari kegiatan malpratik yang dilakukan dokter juga rumah sakit ilegal. Seperti yang sedang ramai diberitakan pada sebuah media umum.

Seorang wanita curhat pada lembaga kaskus, menjadi korban malpratik pada Klinik Pratama Metropole, Jl Pintu Besar Selatan nomor 38, Rt 012 Rw 05, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Mulanya, wanita itu hanya ingin mencari memahami penyebab sakit yang dialami dikala menstruasi.

Setibanya pada sana, beliau malah divonis berbagai penyakit yang membuatnya kaget dan takut. Tak hanya itu, beliau juga diperas karena wajib membayar ini itu untuk metode pengobatan beserta iming-iming sakitnya segara sembuh.

Kabar ini rupanya hingga ke telinga Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati.

"Jadi klinik itu pada Juni 2014 kemudian mengajukan biar untuk pembuatan Klinik Pratama," istilah Dien kepada merdeka.com, Rabu (17/9).

Dalam pengajuan izinnya, istilah Dien, klinik hanya menyediakan biar untuk dokter awam dan dokter gigi awam. Tidak ada untuk seseorang ahli, tindakan dan bedah (operasi).

"Tapi pada tengah jalan ada tenaga asing yang katanya dokter dan tidak sanggup bahasa Indonesia, dokter itu juga tidak ada biar praktik, dan rumah sakit juga tidak punya biar melakukan lakukan operasi dan rawat inap. Dari tiga poin itu sudah keliru," bebernya.

Pihak Dinkes kemudian melayangkan teguran keras pada Agustus kemudian. Rupanya, teguran itu tidak diindahkan.

"Tapi permanen membandel, pratik-pratik itu terdapat. Sampai akhir Agustus kita bubut izinnya, dan kita sudah bertemu pemilik, kita sudah sampaikan ini melanggar dan sudah dicabut, dan mereka memahami," ucapnya.

Dien menambahkan, belajar dari kasus ini pasien diminta lebih hati-hati dalam mengarah rumah sakit menjadi wilayah pengobatan.

"Masyarakat wajib benar-benar teliti mencari memahami apakah rumah sakit itu ada izinnya atau tidak," ucapnya.

Berikut kutipan curhatan wanita tersebut pada media umum:

"..singkat cerita selesainya daftar dll, ane diperiksa sama Dokter Sung (perempuan), katanya ngaku dari Singapura. Disini dokternya ga sanggup bahasa inggris atau bahasa indonesia, beliau ngomong pake bahasa cina, jadi beliau didampingi penerjemah yang pake baju suster (dari logatnya sepertinya orang jawa). Setelah cerita perihal syarat ane, ane diperiksa kolposkopi yang ada kameranya, cek cairan keputihan sama cek darah dan usg kemudian disuruh bayar ke kasir (idr 320.000 yang menurut ane sangat murah karena tesnya banyak).

Hasil tes tersebut cepet banget keluarnya, gan, ga nyampe setengah jam nunggu udah nongol, ane aja sampe kagum. Abis itu ane masuk lagi le ruang dokter. Disana dijelasin ternyata ane kena kista, trus radang, dan ada cairan pelvis pada rahim ane, sembari nunjukkin imbas tes tadi. Syok banget ane dengernya gan. Berdasarkan vonis itu, ane disuruh untuk terapi disitu sebanyak 10x, akan tetapi berhubung mau lebaran ane ga sanggup, dikorting jadi 7x. Lalu ane setuju, soalnya ane udah takut karena ditakut-takuti kalo ga diobatin bakal jadi mandul atau malah kanker. Disitu ane ga dikasih tau harganya berapa, ane tertentu diboyong ke kasir dan disuruh bayar hampir 5juta untuk terapi, kebetulan waktu itu ane lagi ada uang segitu jadi ane bayar. Dokternya bilang untuk tertentu mulai terapi hari itu juga, dan ane disuruh ke ruang terapi, si dokternya juga katanya mau dampingin dikala terapi. Disitu terapinya dibersihkan kemudian diuap dan ada sinar lasernya (katanya). Ga ada disuruh minum obat atau apa, disitu obatnya udah dalam bentuk infus katanya.

Selesai terapi itu, ane dibawa lagi ke ruang dokter, trus dokter bilang wajib operasi hari itu juga gan! Ane kaget dong, masa tiba2 wajib operasi sekarang. Ane udah nolak abis2an, dan dokter juga penerjemahnya maksa pol-polan beserta dalih alasan medis, kalo ga sekarang sanggup inilah itu lah. Ane sebenernya udah nolak banget mau diskusi dulu dan mau cari 2nd opinion, akan tetapi yang namanya maksa kebangetan sampe ane bilang ga punya duit juga beliau periksa atm ane pada mesin gesek kasir. Akhirnya ane bilang cuman ada uang hampir 1juta doang, dan lagi-lagi disuruh bayar buat dp. Ane disitu gundah banget gan, secara udah bayar hampir 5juta buat terapi sayang banget kalo ga ditotalin, kepaksa ane bayar pake residu duit ane buat dp operasi. Dari maksanya mereka, kecurigaan ane mulai ada.

Setelah ane dipaksa bayar, ane disuruh lagi terapi infus, jadi ane dibawa ke suatu ruangan, disitu berderet single sofa yang masing2 sebelahnya ada tiang infus. Ada kurang lebih 2orang wanita belia lagi diinfus juga. Ane duduk pada depan mbak tersebut trus ane ngobrol deh. Ceritanya si mbak itu udah 7x terapi kesitu, beliau abis operasi kista, daan yang bikin ane kaget beliau sampe abis total 100juta gan. Sambil bisik-bisik beliau ngingetin kalo jangan sampe kejebak disini kliniknya nguras duit banget. Pas lagi ngobrol gitu suster yang nginfus dateng, tertentu misahin kita, disuruh pindah duduk, dari situ ane tambah curiga" [lia]