Nov 20, 2017

Lima Penyebab menstruasi terlambat

Lima Penyebab menstruasi terlambat

Image source: http://www.riaubook.com/photos/berita/170216100333_lima-bahan-makanan-ini-ampuh-muluskan-wajah.jpeg

Menstruasi yg sering terlambat biasanya memproduksi perempuan risi. Perubahan siklus menstruasi jua tidak sporadis memproduksi emosi perempuan semakin labil. Berikut artinya beberapa alasan mengapa menstruasi sering terlambat, misalnya dilansir sang Times of India (04/01).

1. Terlalu stres
Stres artinya keliru satu alasan menstruasi sering terlambat. Kehidupan yg terlalu sibuk & stres menghipnotis hormon dalam tubuh. Terkadang stres memang tidak bisa dihindari, namun sebaiknya Knda mencari cara untuk bersantai & mengatasi stres.

2. Perubahan jadwal
Bahkan hal yg sederhana misalnya perubahan jadwal jua bisa membuahkan menstruasi Knda terhambat. Misalkan saat Knda berganti shift kerja, dari masuk pagi menjadi masuk malam. Biasanya menstruasi akan terlambat sebab tubuh masih menyesuaikan diri dengan jadwal yg baru. Hormon jua bisa sangat sensitif.

3. Terlalu banyak olahraga
Amenorrhea (keadaan saat perempuan tidak mengalami menstruasi) biasanya dialami sang para atlet. Pada atlet, amenorrhea terjadi sebab latihan & olahraga keras serta penurunan berat badan yg terlalu cepat. Jika Knda memutuskan untuk mulai olahraga lebih keras biasanya menstruasi akan terlambat. Olahraga terlalu keras menghipnotis siklus menstruasi dengan menaikkan metabolisme.

4. Pil KB
Pil KB jua menghipnotis siklus menstruasi perempuan. Kebanyakan perempuan memakai pil KB untuk mengontrol menstruasi mereka, misalkan untuk meringankan atau mencegah menstruasi terjadi setiap bulan. Namun biasanya terlambatnya menstruasi jua bisa muncul sebagai efek samping pil KB. Jika tidak konfiden bahwa terlambatnya menstruasi Knda disebabkan sang pil KB, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

5. Hamil
Terlambat menstruasi atau tidak mengalami menstruasi bisa jadi membuktikan bahwa Knda hamil. Jika Knda memang mengharapkan kehamilan, maka ini bukan berita tidak baik. Namun apabila kehamilan ini tidak diinginkan, tentu ini membuktikan tidak baik. Gunakan tes kehamilan di tempat tinggal & tes diri sendiri. Jika tes tidak membagikan output yg terperinci, periksakan diri ke dokter.

Siklus menstruasi dipengaruhi sang banyak hal, keliru satunya artinya hormon. Hormon sensitif terhadap perubahan sekecil apapun kepada tubuh misalnya stres atau olahraga. Untuk menjaga menstruasi permanen teratur, sebaiknya Knda menjaga kebugaran tubuh setiap hari. [kun]