Nov 19, 2017

Lima Alasan Menstruasi Berlangsung Lama

Lima Alasan Menstruasi Berlangsung Lama

Image source: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJNmWLQp7Gj_bQbF0BAVpxEMEDKvLosvt6GSAFmuL6-0oqsoskSfZ_E2d4ces5QZ9-gC64C3Yg47tnmxkKfvHnlYr1tqxS5HOiXbhtpufhtqyZDXw4CKuCV3OgUuuVbhZaYKv3G-ufAA/s1600/Lima+Alasan+Melukai+Hati+Istri+Buat+Rezeki+Seret.jpeg

Liputan6.com, Jakarta Wanita umumnya kedatangan tamu bulanan (menstruasi) sebulan sekali & berlangsung lebih kurang 3 hingga lima hari. Lamanya periode juga bervariasi buat setiap perempuan. Tapi, bagaimana andai istilah menstruasi berlangsung begitu usang? Enda tentu berpikir apakah muncul yang salah & apa penyebabnya.

Menurut pakar kandungan Sherry Ross, MD, perempuan jangan terlalu kaku berpedoman pada ketika 3 hingga lima hari. Tapi, perempuan juga perlu memeriksakan kalau menstruasi berlangsung lebih dari seminggu selama lebih dari 3 bulan berturut-turut.

Berikut beberapa alasan yang menciptakan menstruasi Enda lebih usang dari biasanya & apa yang wajib dilakukan mirip dilansir Glamour, Jumat (12/8/2016):

1. Hormon nir teratur

Ross mengatakan, Polikistik ovarium sindrom (PCOS), tiroid kurang aktif, atau terlalu aktif, & gangguan lain yang mengacaukan kadar hormon seks Enda bisa membuahkan menstruasi yang usang, banyak, atau nir teratur. Apabila menstruasi nir normal atau berubah secara signifikan, Enda mungkin perlu menemui endokrinologi buat menguji syarat ini.

2. Konsumsi obat

Obat-obat tertentu, mirip obat tiroid, steroid, & antipsikotik, juga bisa mengganggu kadar hormon. Apabila Enda mengonsumsi satu dari obat-obatan tadi, pastikan Enda melakukannya bersama betul, & bicarakan bersama dokter Enda perihal alternatif andai istilah kasus terus berlanjut.

3. Berat badan berubah

Apabila ketika haid Enda lebih usang dari biasanya & Enda baru saja bertambah berat badan, ini bisa sebagai menandakan bahwa berat badan Enda berlebihan.

Peningkatan lemak tubuh membuahkan kadar estrogen yang lebih tinggi, yang bisa menciptakan haid lebih usang & lebih banyak.

4. Super stres

Stres bisa memengaruhi daur menstruasi. Kadang-kadang bisa membuahkan haid Enda berhenti sama sekali. Tapi pada sisi lain juga bisa menciptakan haid lebih usang, lebih banyak, atau menstruasi lagi pada tengah daur.

Apabila Enda mengalami perubahan dalam menstruasi sesudah putus cinta, meninggalnya orang yang dicintai, atau kejadian stres lain, berbicaralah bersama seorang profesional kesehatan mental.

lima. Terekspos estrogen lingkungan

"Menstruasi yang usang biasanya terjadi lantaran dominasi estrogen melebihi progesteron pada dalam tubuh," istilah dokter Lorraine Maita, MD.

Tapi estrogen pada luar tubuh Enda, mirip yang ditemukan dalam plastik, pestisida, & daging bisa menambah hormon, sehingga memiliki impak yang sama. Untuk melindungi diri dari impak estrogen lingkungan, diet kuliner tinggi serat bisa mencegah diserapnya kelebihan estrogen, & jauhi penggunaan pestisida, bebas daging, & susu bila memungkinkan.