May 30, 2017

Penyakit Paru Obstruktif Kronik Adalah Amankah Jika Berpuasa?

Berikut yaitu penjelasan mengenai Penyakit Paru Obstruktif Kronik Adalah Amankah Jika Berpuasa? dan hal-hal lain yang terkait dengan Makalah Penyakit Paru Obstruksi Kronis, Pathway Penyakit Paru Obstruksi Menahun dan Manifestasi Klinis Penyakit Paru Obstruktif Kronik yang kita menawarkan untuk menolong Anda menemukan solusi paling baik untuk informasi kebugaran yang safe dan nyaman dan juga sebagian artikel lainnya.

Bahkan sementara ini amat banyak penjelasan tentang Penyakit Paru Obstruktif Kronik Adalah Amankah Jika Berpuasa? yang ada di internet, tetapi sebagian besar kurang tahu dan tidak lumayan akurat. Karena itu, kita sampaikan penjelasan Penyakit Paru Obstruktif Kronik Adalah Amankah Jika Berpuasa? sebagai referensi untuk Anda. Kami mau apa yang kita sampaikan penjelasan berikut ini terlampau mampu menunjang anda semua.

Pada saat didiagnosis dengan penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK, dapatkah selamanya melaksanakan ibadah puasa?

Kata dokter spesialis paru berasal dari Rumah Sakit Persahabatan, dr Dianiati Kusumo Sutoyo, SpP(K), pasien PPOK masih dibolehkan menjalankan puasa, selama stadiumnya masih di awal.
"PPOK itu kan keluhannya sesak, jikalau udah masuk stadium 4 biasanya nafsu makannya sudah turun sekali. Kelihatannya sulit ya (untuk puasa), untuk hari-hari saja susah," ujar dr Dianiati dalam temu media di Gedung Kemenkes RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin tanggal (29/5/2017).

Penyakit Paru Obstruktif Kronik Adalah Amankah Jika Berpuasa?

Ketika pada fase stadium 4, penderita PPOK disebutkan dr Dianiati sesungguhnya mengalami perubahan nafsu makan. Ini gara-gara terdapat problem terhadap bagian diafragmanya. Selain nafsu makan yang turun, terdapat juga dampak lainnya layaknya otot melemah.

Namun demikian, terhadap penderita PPOK bersama dengan stadium yang belum capai stadium 4 menurut dr Dianiati tidak tersedia kasus untuk berpuasa. Tidak ada perlakuan tertentu yang harus diterapkan juga.

"Yang perlu obat senantiasa tetap ya. Pasien PPOK kan obatnya inhalasi, jadi tidak bakal membatalkan puasa," Kata dokter

Nah itu tadi informasi berkenaan Penyakit Paru Obstruktif Kronik Adalah Amankah Jika Berpuasa? yang dapat kami sampaikan untuk teman akrab semuanya. Jangan lupa like atau share Info Cara Mengatasi Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis, Askep Pada Penyakit Paru Obstruksi Kronik, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik Adalah yang mungkin saja berfaedah untuk temen kita lainnya. Terimakasih dan salam sehat