Sep 16, 2016

DR OZ Indonesia Cabe Jauhkan Anda Dari Penyakit

DR OZ INDONESIA 4 SEPTEMBER 2016 - Cabe Jauhkan Anda Dari Penyakit

DR OZ INDONESIA 4 SEPTEMBER 2016 - Cabe Jauhkan Anda Dari Penyakit

Hari ini saya akan berbagi informasi mengenai manfaat cabai untuk kesehatan yang sebelumnya sudah pernah ditayangkan di dr oz Indonesia 4 September 2016. Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia.Dari Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Manfaat Cabai - Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi [2] dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.


Berikut ini adalah beberapa manfaat cabai untuk kesehatan :


  1. Meningkatkan Imunitas
  2. Menurunkan Berat Badan
  3. Mengatasi Penyakit Diabetes
  4. Bisa Menyehatkan Pencernaan
  5. Dapat Meredakan Rasa Sakit Kepala
  6. Mengurangi Pegal-pegal
  7. Juga bisa Melancarkan Pernafasan

Cabai mengandung capsaicin, yang memberikan karakter yang kuat pedas pedas. Capsaicin bila dimakan berlebihan akan menyebabkan iritasi parah dan sensasi panas ke mulut, lidah dan tenggorokan.

  • Capsaicin dalam cabai awalnya memunculkan peradangan lokal setelah terjadi kontak dengan selaput lendir halus di rongga mulut, tenggorokan dan perut. Kemudian menghasilkan sensasi terbakar parah yang dianggap sebagai ‘panas’ melalui ujung saraf bebas di mukosa. Manfaat yoghurt dapat membantu mengurangi rasa sakit terbakar dengan cara pengenceran konsentrasi capsaicin dan mencegah kontak dengan dinding mukosa.
  • Hindari menyentuh mata dengan jari-cabai yang terkontaminasi cabai. Bilas mata secara menyeluruh dengan air dingin untuk mengurangi iritasi.
  • Senyawa kimia tertentu seperti aflatoksin, ditemukan dalam cabai yang telah diketahui dapat menyebabkan gangguan perut, hati dan usus besar.

DR OZ INDONESIA 4 SEPTEMBER 2016 - Cabe Jauhkan Anda Dari Penyakit