Aug 15, 2015

Efek Negatif Tidur Dilantai Bisa Sebabkan Pengapuran, Benarkah Demikian ?

Bahaya tidur dilantai tidak semua orang yang mengetahuinya. Apa saja dampak negatif dari kita yang sering tidur dilantai? Pembahasan kali ini bersama dr Benedictus Megaputra, MSi, SpOT seorang dokter ahli spesialis orthopedi dan traumatologi. Postingan ini saya dedikasikan karena ada beberapa pemirsa yang bertanya sebagai berikut :

"Apakah Benar kalau kita sering banget tidur pada lantai (keramik) pada saat malam hari sampai  selesai hingga pagi hari ini bisa menyebabkan yang namanya proses pengapuran yang terjadi pada area sekitar tulang kaki? Makasih banyak Dok jawabannya."

Seringnya kita untuk tidur di atas lantai dalam hal ini lantai keramik disaat malam hari sampai menjelang pagi hari, sebetulnya ini tidak akan menjadi dari penyebab pengapuran yang terjadi pada area di sekitar daerah tulang kaki. Proses dari pengapuran tulang ini kemungkinan besar terjadi dikarenakan oleh adanya proses dari ketidakseimbangan antara proses metabolisme tulang dan ini biasanya akan terjadi merupakan dari akibat proses dari penuaan yang degeneratif, dan bukan disebabkan oleh karena kita sering tidur di lantai atau dalam hal ini lantai keramik.
Bahaya Tidur di Lantai Untuk Kesehatan

Pada sebagian dari beberapa orang, tidur dilantai tentu akan terasa suhu yang dingin. Dan  suhu dingin akan membuat rasa pada persendian akan terasa nyeri. Pada kejadian ini yang terjadi adalah bukannya  disebabkan oleh karena adanya udara yang dingin ataupun dari faktor musim hujan, tetapi hal ini dikarenakan oleh akibat dari terjadinya proses dari perubahan pada tekanan udara atau istilahnya barometrik pada waktu malam hari karena udara yang dingin dan ataupun karena musim hujan itu, dan artinya ini merupakan tekanan udaranya mengalami proses penurunan.

Ketika saat terjadinya proses dari penurunan pada tekanan udara itu, maka yang terjadi adalah pada jaringan tubuh akan mengembang atau ekspansi. Dan proses dari mengembangnya pada bagian jaringan inilah yang akan menyebabkan terjadinya yang namanya proses timbulnya rasa yang sangat nyeri. Kalau kondisi ini sudah terlanjur terjadi maka solusinya yang tepat adalah bisa dengan jalan terapi yang bisa membuat proses perubahan pada tekananan udara agar menjadi tidak cukup besar untuk tubuh Anda, caranya yaitu anda tidur masuk di dalam ruangan yang cukup hangat ataupun juga bisa dengan cara menutup tubuh anda dengan pakaian yang cukup  tebal atau pakaian yang hangat.

Nah itu tadi pembahasan mengenai tidur dilantai yang kami bahas untuk anda yang bersumber dari dr. Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi. Untuk anda yang berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya anda bisa mendatangi praktik kerja beliau di  :

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi

Spesialis Orthopaedi & Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine & Arthroscopy
Klinik Spesialis Bethany Care, Jl. Nginden Intan Timur I/ 29, Surabaya, Telp 031-5912727 (hunting)
Siloam Hospitals Surabaya
Jl. Raya Gubeng 70, Surabaya
Telp (031) 503 1533

Baca Juga : Bahaya Tidur di Lantai dan Menggunakan Kipas Angin