May 20, 2015

Sakit Pada Tulang Belakang Jangan Anggap Sepele Ya

Sakit Pada Tulang Belakang Jangan Anggap Sepele Ya - Tulang belakang adalah bagian tubuh yang paling kuat, karena bagian tulang belakang ini menopang beban seluruh tubuh dan ini adalah penopang utama dari sistem tubuh kita. Jangan abaikan jika tulang belakang atau punggung terasa sakit dan nyeri, karena jika dibiarkan terlalu lama akan menggangu produktivitas kita.

Tulang belakang mempunyai fungsi untuk menopang berat badan. Bagian-bagian dari tulang belakang ini adalah tulang leher, thoracal atau bagian tengah belakang dan juga tulang bawah belakang atau pinggang.

Struktur tulang punggung manusia sangat unik, dia bisa membungkuk, bisa berputar dan juga sangat hebat dan kuat dalam menopang beban yang manusia bawa. Ketika terjadi perubahan pada struktur dan keseimbangan pada tulang belakang maka akan terjadi masalah pada bagian ini dan terjadilah sakit tulang punggung atau sakit pada tulang belakang.

Kalau terjadi kerusakan dan masalah pada saraf spinalis yang posisinya terletak pada sepanjang tulang belakang maka akan terjadi nyeri dan bisa akibatkan mata rasa pada sebagian dari tubuh kita. Kalau terkena cedera punggung berat maka bisa menyebabkan yang namanya kelumpuhan jika yang mengalami kerusakan pada saraf spinalis.
Sakit Pada Tulang Belakang Jangan Anggap Sepele Ya

Sakit Pada Tulang Belakang


Penyebab sakit  tulang belakang bermacam-macam, contohnya adalah gangguan pada otot, hancurnya tulang, gangguan pada sendi, dan juga ketika kita sedang mengalami stres fisik dan juga mental. Selain hal tadi, ada juga faktor resiko lain yang berhubungan dengan yang biasa kita lakukan yaitu pekerjaan kita tiap hari. Bekerja dengan mengerahkan fisik terlalu berat, bekerja dengan posisi duduk terlalu lama dan juga bekerja dengan posisi berdiri terlalu lama bisa juga menjadi pencetus terjadinya sakit punggung ini.

Pemeriksaan Penyakit Tulang Belakang

Solusi menangani penyakit atau rasa sakit tulang belakang tergantung pada awal kita diperiksa. Agar hasil pemeriksaan benar-benar akurat maka biasanya akan dilakukan proses scan tulang belakang. Pemeriksaan diagnostik pada cedera tulang belakang menggunakan alat yang canggih seperti X-Ray dan juga alat PET-SCAN yang sangat hebat bahkan bisa mendeteksi adanya tumor pada tulang belakang walaupun berukuran sangat kecil. 

PET SCAN Mampu deteksi tumor pada tulang belakang

Mesin PET SCAN

Jika saat pemeriksaan tidak ada masalah pada tulang dan juga sarafnya, maka kemungkinan besar rasa sakit pada tulang belakang merupakan akibat dari otot saja dan solusinya sangat mudah yaitu cukup dengan dipijat saja. Tetapi setiap keluhan dari tulang belakang sakit jangan dibiarkan begitu saja karena kalau dibiarkan saja maka bisa menambah berat sakitnya.

Beberapa penyakit tulang belakang tidak semuanya bisa diobati dan sakit ini cuma timbul pada posisi tertentu saja. Contohnya adalah saat kita melakukan posisi bungkuk terlalu lama, maka rasa sakit akan timbul. Nah sikap yang demikian seminimal mungkin harus kita hindari agar tidak memicu rasa sakit pada tulang belakang.

Gaya hidup sehat sangat penting untuk kesehatan. Jangan merokok, olahraga dengan aktif merupakan salah satu gaya hidup sehat yang tentunya sangat baik bagi perkembangan tubuh kita.Jadi Sakit Pada Tulang Belakang Jangan Anggap Sepele Ya. Olahraga jangan hanya latihan olahraga kardio saja, penting juga olahraga yang bisa menguatkan otot dan juga sendi kita.