Nov 26, 2014

Penyebab Kanker Pita Suara dan Proses Edoskopi dengan Laringoskopi

Penyebab Kanker Pita Suara dan Proses Edoskopi dengan Laringoskopi - Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya mengenai pembahasan kanker pita suara  jika anda mempunyai keluhan gejala kanker pita suara anda sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Spesialis THT. Nah ketika anda memeriksakan diri ke dokter spesiali ahli masalah tenggorakan maka anda akan mendapatkan pemeriksaan Laringoskopi. Seperti apa sih Laringoskopi lihat disini penjelasan dari wikipedia Laringoskopi .  Masalah pada pita suara bisa terjadi oleh berbagai macam faktor diantaranya disebabkan oleh Infeksi. Pada pembahasan dibawah ini kita akan membahas lebih rinci dan lengkap seperti apa masalah pada pita suara.

Penyebab Masalah Kanker Pita Suara

Alat Laringoskopi
Alat Laringoskopi

  • 1. Infeksi (radang pada pita suara). Ini merupakan penjalaran dari saluran atas lainnya misalnya dari pilek dan batuk dari radang tenggorokan kemudian bisa turun ke bawah menjadi radang poita suara. Adanya masalah refluks, yaitu asam lambung yang sampai naik keatas ke laring dan menyebabkan erosi pada pita suara.
  • 2. Tumor (tumor jinak dan tumor ganas). Tumor ini ada dua macam yaitu yang jinak dan ganas. Pada tumor jinak misalnya adalah polip atau ada juga yang kita sebut papiloma. Kalau yang disebabkan karena tumor ganas itu misalnya "kanker laring" atau kanker pita suara.
  • 3. Trauma Pada Kecelakaan.
  • 4. Vocal Abuse (pemakaian pita suara yang berlebihan). Pita suara dipakai terlalu berlebihan hingga menimbulkan efek seperti suara menjadi serak. Sebagai contoh jika anda suka menonton sinetron Tukang Bubur Naik Haji, anda pasti kenal dengan tokoh karakter Bang Badar yang suaranya serak dan berat.

Pada tayangan video proses laringoskopi  kita bisa lihat bagaimana proses untuk mendeteksi atau pemeriksaan kondisi pita suara kita hingga bisa ditampilkan secara visual dengan bantuan alat laringoskopi. Alat endoskopi untuk melihat kondisi pita suara ini berbentuk seperti selang kecil yang mempunyai lampu dan kamera di ujungnya. Efek ketika alat laringoskopi dimasukkan melalui lubang hidung dan menuju sistem pernafasan kita ini akan terasa seperti ada sesuatu yang berjalan dan terasa hangat karena dari cahaya lampu pada ujung alat endoskopi.

Video Proses Laringoskopi Dr. OZ Indonesia



  1. Sebelum memasukkan alat, dokter akan memberikan suatu zat yang dapat mengurangi rasa sakit pada hidung. Jadi kita tidak usah takut akan terasa sakit.
  2. Pasien pada posisi menghadap ke dokter, kepala tegak dan rileks.
  3. Kemudian dokter akan memasukkan alat melalui hidung dan kita bisa melihat rongga hidung kita, dan turun kebawah kita bisa lihat daerah tenggorok.
  4. Turun lagi kebawah sampailah pada daerah pita suara kita.
  5. Pita suara kita berbentuk segitiga
  6. Pada saat bicara pita suara akan menutup,
  7. Pada saat menarik nafas pita suara akan terbuka.

Jika pita suara gerakannya simetris dan bisa membuka dan menutup secara bersamaan serta tidak adanya benjolan, ini merupakan tanda bahwa pita suara kita bagus dan normal. Nah selesai sudah pemeriksaan Laringoskopinya. Pemeriksaan cukup sederhana dan simpel tetapi hasil yang kita dapatkan sangat akurat dan bermanfaat untuk proses diagnosis kita. Terimakasih telah mebaca tulisan dr. oz dengan judul Penyebab Kanker Pita Suara dan Proses Edoskopi dengan Laringoskopi jangan kemana-mana karena mash banyak lagi artikel kesehatan yang pastinya bermanfaat bagi wawasan dan pengetahuan anda.