Aug 16, 2014

Marshanda Bipolar Disorder Pengertian dan Sebabnya

Marshanda Bipolar Disorder Pengertian dan Sebabnya -  Kasus Selebritis muda Marshanda yang diduga terkena gangguan kejiwaan bipolar saat ini sedang marak. Pengakuan Marshanda yang disekap dan disuntik menjadi berita hangat di media televisi nasional. diduga Marshanda terkena penyakit Bipolar. Yuk kita ketahui lebih dalam apa itu bipolar ? Pada penderita bipolar, pengidap penyakit ini mau tidak mau harus selalu mengkonsumsi obat bipolar selama seumur hidupnya.

Pengertian Bipolar menurut wikipedia adalah suatu jenis penyakit kejiwaan yang mempunyai tanda perubahan suasana hati atau alam perasaan (mood) yang sangat ekstrim. Gangguan kejiwaan pada bipolar berupa depresi dan gangguan mania. Penyakit bipolar cenderung mudah berganti mood atau perasaan hati dari yang mood bahagia menjadi mood yang tidak bahagia dan semuanya berganti dengan cepat. Seorang yang mengidap penyakit bipolar disorder mempunyai perubahan suasana hati yang mudah berganti secara drastis. Bisa saja sorang pengidap bipolar merasa sangat happy dan seketika berubah menjadi bad mood dan depresi.

Faktor Penyebab Bipolar

  • 25 % para penderita bipolar pernah melakukan usaha untuk mengakhiri hidupnya sumur hidupnya. Bipolar disebabkan banyak sekali faktor yaitu :
  • Depresi saat remaja. Kemungkinan besar terkena bipolar sekitar 20 - 40 %.
  • Riwayat Keluarga. Jika ada anggota keluarga yang pernah mengidap bipolar ada kemungkinan terkena sekitar 60 %.

Penanganan penyakit bipolar harus ekstra sabar dan perlu penelitian lebih lanjut apakah ini bipolar atau skizofrenia. Jika salah diagnosis bisa beakibat faal dalam pemberian obat penyakit bipolar. Pada penderita bipolar sebaiknya diberi obat mood stabilizer agar mudah untuk menenangkan suasana hati yang cenderung berubah-ubah.

Jika penderita bipolar mulai tenang, cobalah belajar program terapi   agar diberikan pengertian tentang gejala penyakit bipolar. Nah anda saat ini sedang membaca Marshanda Bipolar Disorder Pengertian dan Sebabnya. Selamat berbahagia dan salam sehat Indonesia