Jul 2, 2014

Tips Cegah Keluhan Saat Puasa dengan Makanan Tinggi Serat

Tips Cegah Keluhan Saat Puasa dengan Makanan Tinggi Serat - Setelah kita berpuasa seharian tentunya pilihan menu atau makanan bahkan makanan belum ada aja udah ada dikepala kita. Pada saat kita puasa, yang kita pikirkan hanya makanan dan makanan saja. Pola makanan yang tidak terkontrol sangat membahayakan tubuh kita. Makanan yang kurang sehat, kurang serat dan makanan yang tinggi gula dan kalori bisa mengganggu puasa kita. Yuk kita cari tahu apa saja makanan yang sebaiknya kita konsumsi pada saat kita berpuasa bersama dr. Ryan Thamrin di dokter OZ Indonesia.



Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan gulanya dan kalori dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Resiko yang diakibatkan dari mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan tinggi karbohidrat adalah kegemukan, kolesterol, diabetes dan juga menyebabkan wasir. Nah itu adalah beberapa resiko penyakit jika kebiasaaan pola makan kita selalu tinggi kalori dan tinggi karbohidrat. Pada artikel sebelumnya dibahas juga Tips Cara Puasa dan Berbuka Yang Sehat dr. OZ Indonesia

Beberapa menu yang biasanya disaat menjelang buka puasa itu yang dipikirkan adalah yang tinggi gula dan tinggi karbohidrat seperti kolak pisang, minuman manis, makanan berat seperti nasi, dicampur juga dengan gulai, sate dan masih banyak lainnya. Apabila kebiasaan makan anda menjelang buka puasa selalu dengan menu seperti yang saya sebutkan diatas, hati hatilah menu makanan puasa anda tidak mengandung serat yang cukup dan hal ini tidak baik bagi tubuh.

"Resiko Mengkonsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat dan Kalori serta kurangnya serat dapat mengganggu proses pencernaan."

Tahukah anda, kalau makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi kalori bisa menimbulkan lapar dengan cepat. Hal ini dikarenakan makanan yang sedikit serat ini tidak diserap dengan lama dalam sistem pencernaan tubuh.

Sebaliknya jika anda mengkonsumsi makanan dengan tinggi serat dan protein, maka proses pencernaan makanan akan lebih lama didalam sistem pencernaan tubuh sehingga menghasilkan efek lapar yang lebih lama. Artinya dengan makanan tinggi serat tubuh kita tidak mudah lapar.

Kebutuhan serat sehari-hari dengan mengkonsumsi 2 macam biji-bijian dan gandum serta 5 macam buah dan sayuran, penting harus dipenuhi terutama di bulan puasa ini dan tentunya cukup cairan, dalam arti minum air putih yang cukup.

Jadi menu wajib pada saat buka puasa dan sahur adalah harus makanan yang tinggi serat dan protein. dari pada cemilan yang tidak sehat sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat dan protein.

Untuk anda yang ingin cara yang lebih praktis tapi tetap enak dan sehat bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen serat "VEGETA". Vegeta adalah suplemen serat yang mengandung 100% sari serat alami seperti yang terdapat pada serat gandum, biji-bijian, sayur dan buah untuk melengkapi kebutuhan serat pada tubuh anda.

Caranya sangat praktis, tinggal larutkan satu sachet vegeta kedalam satu gelas air putih dan di aduk rata. Anda bisa memilih varian rasa vegeta seperti jeruk atau mangga. Vegeta melengkapi kebutuhan bermacam serat. Bagi kita yang pola makannya kurang serat vegeta aman diminum setiap hari sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan serat denga cara yang lebih praktis. Vegeta  dapat diminum setelah sahur dan setelah berbuka puasa.

Oke, itu tadi Tips Cegah Keluhan Saat Puasa dengan Makanan Tinggi Serat. Dan untuk anda yang tidak terbiasa memenuhi kebutuhan serat setiap hari mungkin awalnya anda merasakan tidak nyaman pada bagian perut. Tapi tetap pastikan kebutuhan serat dan protein anda terpenuhi terutama di bulan puasa ini sehingga kesehatan tetap optimal tidak hanya untuk anda tapi juga keluarga tercinta. Terimakasih dan salam sehat Indonesia